fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tangkal Lirikan Pencuri, Sekolah Diminta Titipkan Barang Berharga ke Markas Polisi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Aksi pencurian di gedung sekolah kerap terjadi saat musim libur lebaran. Para penjahat mengincar aset elektronik seperti perangkat komputer, laptop dan proyektor. Dari pengalaman itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menghimbau kepada pihak sekolah untuk tetap menjaga aset berharga. Dinas juga merekomendasikan untuk menitipkannya ke kantor polisi terdekat.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid mengungkapkan, saat ini telah banyak sekolah yang memiliki komputer lantaran adanya tuntutan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga mau tidak mau, saat libur lebaran aset dengan nilai puluhan juta rupiah tersebut hendaknya diamankan.

“Bagi sekolah yang tidak memiliki tenaga penjaga kita himbau untuk menitipkan ke Polsek terdekat atau Polres Gunungkidul. Tak hanya komputer saja namun juga aset-aset lainnya seperti aset bergerak milik sekolah,” ujar Bahron, Rabu (29/05/2019).

Ia menjelaskan, langkah itu diambil karena adanya pengalaman kasus pencurian saat musim libur tiba. Namun begitu, Bahron menyebut belum pernah terjadi kasus pencurian saat libur lebaran.

“Ada kasus pencurian barang elektronik saat musim libur. Tapi biasanya libur kenaikan kelas bukan libur lebaran,” kata Bahron.

Namun begitu, pihaknya tak mau mengambil risiko. Disdikpora sendiri telah melakukan koordinasi dengan Polres Gunungkidul dalam pengamanan aset tersebut. Menurut Bahron, wacana itu pun disambut baik oleh jajaran kepolisian.

Berita Lainnya  Tak Dapat Ruang Perawatan, Pasien Covid19 Meninggal di Parkiran

“Kemarin bincang-bincang dengan Pak Kapolres disambut baik dan dipersilahkan untuk menitipkan aset sekolah,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, Ahmad Fuady mengatakan siap untuk pengamanan di sekolah yang memang tidak memiliki tenaga penjaga saat liburan hari raya Idul Fitri. Beberapa Polsek yang ada pun siap menampung barang berharga milik sekolah yang akan dititipkan.

“Kami siap jika ada sekolah yang menitipkan asetnya, bisa di polsek-polsek setempat dan juga polres Gunungkidul juga siap untuk menjaga aset sekolah jika memang sekolah tidak memiliki penjaga,” ucapnya.

Perlu diketahui, dalam liburan hari raya Idul Fitri tahun ini Polres Gunungkidul bersama TNI, dan unsur lainnya seperti SAR, Satpol PP menyiapkan personil sebanyak 799 personil, selain itu Polres juga membuka 7 Pos pengamanan dan layanan, serta 23 Pospam wisata untuk menjaga liburan tetap kondusif.

Berita Lainnya  Update Covid-19 di Gunungkidul, 6 Orang Terkonfirmasi Positif dan 2 Pasien Sembuh

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler