fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tebing Runtuh Timbun Rumah, Warga Diungsikan

Diterbitkan

pada tanggal

Ngawen,(pidjar.com)–Sebuah tebing yang berada di Padukuhan Kaliwuluh, Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen ambrol. Naasnya, material tebing tersebut menimpa rumah salah seorang warga, Parso Suwiknyo (60). Meski tak sampai menimbulkan korban, akan tetapi rumah tersebut mengalami kerusakan. Bahkan lantaran ancaman longsor susulan, keluarga Parso terpaksa harus diungsikan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki menjelaskan, hujan dengan intentensitas tinggi pada Rabu (15/01/2020) kemarin mengguyur wilayah Kecamatan Ngawen. Derasnya aliran air kemudian membuat tebing yang berada tepat di belakang rumah Parso sedikit demi sedikit mulai ambrol.

“Saat peristiwa tersebut, korban yang bersama Sakiyem, Sakimo dan Adip, yang merupakan anggota keluarga Parso tengah berada di depan rumah, kejadian sekitar pukul 15.00 WIB,” beber Edy, Rabu malam.

Setelah mendengar suara gemuruh, keempatnya langsung panik dan berlarian keluar rumah. Ketika dicek, material tanah longsor sendiri sudah menimbun sebagian rumah Supar.

Berita Lainnya  Operasi Patuh Progo Dimulai, Pengendara di Bawah Umur Jadi Sasaran Tilang

“Rumah mengalami rusak berat karena tertimbun tanah,” jelas Edy.

Melihat kejadian ini, warga sekitar lantas menghubungi BPBD Gunungkidul untuk segera mendapatkan tertolongan. Sejumlah relawan pun juga turut membantu mengevakuasi barang berharga.

“Karena kondisinya sangat rawan longsor susulan, maka satu keluarga kami imbau untuk mengungsi,” tutur Edy.

Kerja bakti membersihkan lokasi pun dilakukan oleh warga sejak Rabu kemarin dan kembali dilanjutkan pada Kamis (16/01/2020) pagi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler