fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tergolong Sepi, Tak Ada Lonjakan Penumpang Jelang Larangan Mudik

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Kondisi di Terminal Semin pada masa pra larangan mudik pada tanggal 22 April hingga 5 Mei ini terpantau masih normal. Seperti yang diketahui, pada masa pra larangan mudik tersebut, masyarakat yang melakukan mobilitas sudah mulai dibatasi dengan ketat. Misalnya saja syarat hasil negatif covid19 sebagai syarat perjalanan.

Kepala UPT Terminal Semin, Nur Wijaya mengatakan, tercatat sejak Kamis 22 April lalu terdapat 22 kendaraan datang dengan 27 penumpang. Kemudian hari Jumat terdapat 14 kendaraan dengan 18 penumpang.

“Pada akhir pekan Sabtu terdapat 21 kendaraan dengan 23 penumpang kemudian untuk Minggu 18 kendaraan dengan 36 penumpang,” kata Nur, Senin (26/04/2021).

Nur mengatakan, meskipun aktivitas kedatangan di terminal tidak menjadi patokan jumlah pemudik, namun ia menyebut tidak ada aktivitas yang meningkat di Terminal Semin. Menurutnya, jumlah tersebut masih cukup berimbang dengan jumlah keberangkatan.

“Penumpang datang memang tidak semua turun di terminal, tapi jumlahnya masih seimbang dengan jumlah keberangkatan,” kata dia.

Sementara itu Kepala Seksi Dalops Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, segala macam kesiapan untuk perlengkapan jalan atau fasilitas jalan pendukung terus dilakukan pemantauan dan berbaikan jelang lebaran ini. Namun untuk larangan mudik sesuai dengan Peraturan Menhub Nomor 13 tahun 2021 dan arahan dari Dirjen pihaknya akan bergabung denhan Posko kepolisian bersama TNI, Satpol PP, Dinkes dan instansi lainnya untuk menghalau pemudik.

“Untuk pos penyekatan, pos pengamanan serta pos pelayanan direncanakan di Patuk, Bedoyo, Rest Area Siyono, depan Pasar Argosari, Semin dan terminal,” ungkap Bayu.

Nantinya, selain ketugasan posko, Dinas Perhubungan juga akan melaksanakan pendataan kensaraan masuk. Tak hanya itu berkaitan dengan pendataan angkutan dan penumpang terminal juga akan didata.

“Untuk teknis pelaksanaan penyekatan dan pengamanan nanti seusai rencana operasi polisi, kami menyesuaikan saja,” tandas Bayu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler