fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Halau Pemudik, Polres Gunungkidul Bangun Dua Pos Penyekatan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kepolisian Resor Gunungkidul mendirikan 2 pos penyekatan di jalur utama sisi barat dan sisi timur. Hal tersebut dilakukan untuk menghalau pemudik yang nekat akan masuk ke Bumi Handayani. Selain itu, ada belasan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos pantau yang juga di dirikan di lokasi-lokasi krusial.

Kabagops Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto mengungkapkan, 2 pos penyekatan tersebut didirikan di Hargodumilah, Kapanewon Patuk dan Bedoyo, Kapanewon Ponjong. Dua wilayah ini dipilih karena merupakan jalur utama yang dilalui oleh kendaraan dari wilayah Jawa Timur Jawa Tengah dan dari luar DIY.

“Personil sudah kami siapkan untuk bertugas di setiap pos yang sudah kami bentuk,” papar Kompol Sunarto.

Nantinya kendaraan pembawa pemudik yang nekat masuk akan diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan. Mereka kemudian akan diminta untuk putar balik dan dilarang masuk ke Gunungkidul.

“Di Kapanewon Semin pos pelayanan. Fungsinya sama nanti, jadi kami berusaha menjaga agar tifak ada pemudik yang masuk melalui sisi barat, timur, dan utara,” imbuh dia.

Jalur-jalur alternatif lain juga akan dilakukan penjagaan oleh anggota kepolisian. Dengan harapan tidak ada pemudik yang masuk ke wilayah Gunungkidul. Langkah ini diambil agar tidak terjadi penyebaran dan penularan covid-19. Berkaca pada kondisi sekarang, lonjakan kasus terus terjadi di sejumlah daerah.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh KBO Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Risyanto. Nanti akan ada 7 Pospam yang ada di setiap sudut Gunungkidul dan 18 pos pantau yang tersebar di beberapa titik krusial.

“Termasuk obyek wisata itu nanti juga akan dilakukan penjagaan,” ujar KBO Satlantas Polres Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler