fbpx
Connect with us

Sosial

TMMD Sengkuyung ke-106 Resmi Ditutup, 6 Padukuhan di Girisekar Dapat Bantuan Pembangunan Jalan

Diterbitkan

pada tanggal

Panggang, (pidjar.com)–Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke-106 Tahap III Tahun Anggaran 2019 di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang resmi ditutup pada Kamis (31/10/2019) kemarin. Program kali ini sendiri diklaim sangat berhasil lantaran baik sasaran fisik mau pun non fisik yang telah dicanangkan berhasil diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Peran serta semua pihak baik masyarakat, pemerintah maupun TNI serta kepolisian menjadi kunci sukses dari TMMD Sengkuyung ke-106.

Adapun kegiatan ini menghabiskan total anggaran senilai Rp. 300.000.000,-. Keantusiasan masyarakat terlihat, lantaran dalam pembangunan fisik pun, masyarakat bahkan turut berswadaya memberikan bantuan seperti tenaga, material batu dan kayu.

“Sumber pendanaan dari APBD DIY senilai Rp. 75 juta dan APBD Kabupaten Gunungkidul Rp 225 juta,” ungkap Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto.

Sasaran fisik dan non fisik pada pelaksanaan TMMD 2-31 Oktober tersebut, menurutnya terlaksana seluruhnya. Enam titik padukuhan di Desa Girisekar mendapat bantuan cor rabat beton. Sementara penyuluhan seperti wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, penyuluhan peternakan dan pertanian turut menyukseskan acara ini.

Berita Lainnya  Kisah Diki, Bocah Dengan Penyakit Mata Aneh Yang Bercita-cita Jadi Pebulutangkis Handal

“TMMD merupakan program kerjasama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, lembaga kementerian maupun non kementerian untuk percepatan pembangunan di tingkat desa,” imbuh Letkol Inf Noppy.

Menurutnya dalam TMMD, pembangunan non fisik yakni pembentukan karakter masyarakat juga sangatlah penting. Pembangunan non fisik sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa dan nasionalisme di tengah masyarakat.

“Tentu saja paham radikalisme, komunisme mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia dan ini sangat penting diperhatikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap seluruh fasilitas infrastruktur yang telah bersama-sama dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat. Badingah berpesan kepada masyarakat untuk bisa menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun tersebut.

Berita Lainnya  Ratusan Kasus Dalam 6 Bulan, Korban Demam Berdarah Meningkat Lebih Dari Dua Kali Lipat Tahun Ini

“Baik pembangunan fisik maupun non fisik semoga bermanfaat untuk masyarakat Girisekar ke depannya,” ujar Badingah.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler