fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Bahaya Terlalu Sering Terpapar Asap Kendaran

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Anda pasti sadar ketika terlalu sering terpapar karbon monoksida dari asap kendaran tersebut, mata akan lebih sering perih atau jadi lebih mudah bersin-bersin. Namun, itu hanya sebagian kecil gejala yang bisa timbul akibat paparan asap kendaraan dalam waktu singkat. Jika tiap hari Anda menghirupnya dalam jangka panjang, ada berbagai risiko penyakit yang mengintai! Jadi, lebih baik mulai sekarang kenakan masker jika memang berada di daerah berpolusi tinggi, seperti jalan raya untuk meminimalkan paparan karbon monoksida yang nggak bisa disepelekan ini!

Alami Pneumonia dan Penyakit Paru Lain

Gejala bersin-bersin maupun batuk akibat paparan asap kendaraan bisa jadi menandakan sudah masuknya polutan kecil tersebut ke saluran pernapasanmu. Jika dibiarkan tanpa penanganan, Anda bisa mengalami penyakit pernapasan yang serius, mulai dari pneumonia, bronkitis, maupun penyakit paru-paru lainnya.

Asap Kendaraan Buat Anak Terjangkit Asma

Asap kendaraan akan lebih bahaya jika terhirup oleh anak. Ini dapat memicu sang anak terjangkit penyakit asma yang serius. Oleh karena itu, pastikan si Kecil juga memakai masker saat keluar rumah untuk meminimalisir risiko tersebut. Paparan asap kendaraan yang penuh karbon monoksida ini sama sekali tidak bisa disepelekan!

Masalah Kesuburan Karena Asap Kendaraan

Anda dan pasangan belum memiliki keturunan hingga saat ini? Bisa jadi ini akibat dari terlalu banyak menghirup asap kendaraan bermotor. Soalnya, polutan dari knalpot kendaraan ternyata bisa menurunkan bahkan merusak sistem kesuburan pada pria. Ini karena dalam polusi udara terdapat suatu partikel yang dapat menurunkan tingkat kadar hormon pada pria.

Lebih Gampang Terserang Penyakit

Orang-orang yang tinggal di perkotaan disebut lebih sering sakit dibandingkan orang-orang yang tinggal di rumah pedesaan? Bisa jadi ini karena asap kendaraan di kota besar lebih membabi buta. Asap kendaraan sendiri bisa melemahkan sistem imunitas tubuh sehingga berbagai penyakit menular, mulai dari bakteri hingga virus menjadi sulit ditangkal.

Asap Kendaraan Picu Demensia

Asap kendaran yang masuk ke rongga dada bukan cuma berpengaruh ke paru-paru. Ini juga bisa berpengaruh ke organ lain karena distribusi oksigen menjadi berkurang. Risiko gangguan memori otak seperti demensia pun menjadi lebih tinggi bagi orang-orang yang selalu terpapar asap kendaraan bermotor tiap harinya.

Bahaya Asap Kendaraan bagi Jantung

Karbon monoksida yang berasal dari asap kendaraan bermotor ternyata juga nggak baik buat jantung. Kandungan zat dari asap kendaraan tersebut bisa meningkatkan kekentalan darah sekaligus meningkatkan risiko peradangan. Kondisi ini membuat seseorang dapat lebih rentan mengalami masalah jantung, mulai dari penyakit jantung koroner ataupun aritmia. Oleh karena itu, orang-orang dengan penyakit jantung sebaiknya jangan sampai menghirup asap kendaraan secara langsung dan disarankan memakai masker di jalan.

Risiko Kanker Lebih Besar

Asap kendaraan bersifat karsinogenik. Artinya, paparan dari asap kendaraan ini bisa membuat Anda lebih berisiko mengalami kanker. Bahkan, bagi anak-anak, asap kendaraan menjadi sangat berbahaya karena membuat risiko kanker darah atau yang dikenal sebagai leukemia menjadi lebih tinggi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler