fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Fakta Menarik Tentang Vegan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Apa sebenarnya arti vegetarian? Apakah berbeda dari istilah veganVegetarian sendiri memiliki arti yaitu gaya hidup yang membatasi pilihan makanan dan minuman dengan tidak mengonsumsi produk hewani. Pola vegetarian dibagi dalam 4 kelompok:

  • Lacto-ovo vegetarians: tidak mengonsumsi daging dan ikan namun masih mengonsumsi telur dan produk susu.
  • Lacto vegetarians: tidak mengonsumsi daging, ikan dan telur namun masih mengonsumsi produk susu.
  • Ovo vegetarians: tidak mengonsumsi daging, ikan dan produk susu namun masih mengonsumsi telur.
  • Partial vegetarians(setengah vegetarian): menghindari daging merah namun masih mengonsumsi ikan (pesco-vegetarianpescatarian) atau masih mengonsumsi daging unggas (pollo-vegetarian)

Sedangkan vegan lebih ketat dalam pemilihan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Seorang vegan tidak mengonsumsi semua jenis daging, telur, produk susu, serta makanan dan minuman yang mengandung produk hewani seperti gelatin. Nah, ternyata ada beberapa fakta unik lho. Dilansir dari intisari.grid.id, ini dia faktanya.

  1. Pola vegetarian atau vegan paling banyak terdapat di India, entah karena alasan agama atau pun pilihan masyarakat sendiri. Asal-usul vegetarian berasal dari India dan perlahan-lahan menyebar ke seluruh dunia.
  2. Himpunan vegetarian pertama kali dibentuk di Inggris pada tahun 1847. Selanjutnya, himpunan ini berniat menyebarkan kebaikan dari pola makan vegetarian ke seluruh dunia.
  3. Pada 2012, dewan kota Los Angeles mengeluarkan resolusi yang menyebut bahwa setiap Senin menjadi hari tanpa daging. Ini disahkan untuk menurunkan tingkat kerusakan kesehatan serta lingkungan yang disebabkan oleh konsumsi daging.
  4. Beberapa vegan bahkan menganggap madu bukan asupan untuk vegan, karena mereka berusaha menghindari segala makanan yang berasal dari hewan, termasuk madu, susu, dan telur.
  5. Tak sedikit orang yang memutuskan untuk vegan karena protesnya terhadap kekejaman yang dilakukan pada hewan, terutama juga pada industri pengolahan daging.
  6. Seorang vegan dapat berisiko kekurangan vitamin B12 karena kandungan ini umumnya terdapat dalam hwan dan kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelemahan tulang.
  7. Secara tidak langsung, seorang vegan cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori. Dan, untuk mendapatkan nutrisi yang hilang dalam daging, seorang vegan dapat makan lebih banyak asupan yang mengandung serat, seperti buah-buahan.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler