fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Makanan Pereda Perut Kembung

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Ketika Anda merasa begah, biasanya ini terjadi karena saluran pencernaan terisi oleh gas dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Dampaknya, perut terasa penuh, membesar, atau bahkan nyeri akibat meningkatnya tekanan dalam perut. Ada beragam faktor yang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut. Beberapa di antaranya yakni kebiasaan makan yang terlalu cepat, perubahan hormon pada masa menstruasi, hingga penyakit pada sistem pencernaan. Dalam kondisi seperti ini, makanan dan minuman tertentu justru dapat meningkatkan produksi gas sehingga memperparah keluhan Anda. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menghindari makanan dan minuman berikut saat perut terasa kembung. Ada sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu mengatasi masalah perut kembung dilansir dari hallosehat. Berikut beberapa contohnya.

Berita Lainnya  Enam Minuman Pereda Jerawat di Wajah

Timun

Timun kaya akan zat antioksidan yang disebut quercetin. Menurut sejumlah penelitian terdahulu, zat ini dapat membantu meredakan gejala umum irritable bowel syndrome seperti perut kembung, diare, dan konstipasi (sembelit). Selain itu, timun juga mengandung silika, asam kafeat, dan vitamin C yang membantu mencegah retensi cairan dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi timun mentah atau mencampurkan irisan timun dalam air minum.

Seledri

Seledri diyakini ampuh mengurangi produksi gas berlebih dalam usus Anda. Berkat kemampuannya untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya, sayuran ini juga dapat mencegah penumpukan cairan dalam saluran pencernaan.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang bagus untuk meredakan perut kembung. Ini karena kandungan kaliumnya dapat menetralisasi kelebihan natrium pada tubuh akibat konsumsi makanan asin.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Tanaman Lumut Bagi Manusia dan Tanaman

Semangka

Semangka memiliki sifat diuretik yang mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine. Hal ini akan membantu mengempiskan perut Anda yang begah karena kelebihan gas atau cairan.

Pepaya

Makanan lain yang ampuh untuk mengatasi perut kembung adalah pepaya. Pasalnya, pepaya kaya akan serat, enzim pengurai protein, dan berbagai zat antiperadangan yang membantu melegakan perut yang begah.

Kunyit

Kunyit mampu menenangkan sistem pencernaan Anda dengan membuang gas yang terjebak dalam tubuh. Untuk menghilangkan perut kembung, Anda bisa meminum sari kunyit (jamu) atau mencampurkannya dalam makanan Anda.

Teh jahe

Jahe kaya akan zingibain yang bisa mengurangi produksi gas berlebih, sedangkan teh membantu menenangkan perut Anda. Maka dari itu, minum secangkir teh jahe tanpa pemanis tambahan dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat perut yang begah.

Berita Lainnya  Lima Hal Yang Jarang Anda Hargai Dalam Kehidupan

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler