fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Baik Dari Buah Plum Bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Plum adalah keluarga buah ceri dan buah persik yang kaya manfaat, karena semua bunganya  menghasilkan buah dengan alur mengalir di satu sisi dan memiliki lubang yang halus. Plum umumnya memiliki kulit berwarna merah keunguan, namun tersedia juga dalam berbagai warna dan ukuran. Beberapa lebih berdaging daripada yang lain, dan warnanya berkisar dari kuning ke putih, hijau dan merah. Plum merah keunguan cenderung menjadi varietas yang paling umum dan populer. Buah plum memiliki rasa yang dari manis hingga asam. Buahnya berair dan lezat ketika dimakan, dan juga bisa dikeringkan, digunakan dalam pembuatan selai dan ditambahkan ke resep lain. Jus plum bahkan bisa difermentasi menjadi minuman wine plum. Hal terbaik tentang buah ini adalah bahwa plum adalah makanan super rendah kalori yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan bermnafaat untuk kesehatan. Ada beragam manfaat gemilang dari buah plum yang tidak boleh Anda sepelekan berikut ini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi plum secara teratur dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. Buah ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Mereka yang mengonsumsi plum dan jus plum  memiliki tingkat tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat yang secara signifikan lebih rendah daripada orang yang minum air. Studi lain menemukan bahwa pria yang telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah setelah mengonsumsi 12 plum setiap hari selama delapan minggu. Efek positif dari plum kemungkinan karena tingginya kandungan serat, kalium dan antioksidan.

Meringankan Pencernaan

Berita Lainnya  Enam Langkah Efektif Meningkatkan Massa Otot

Buah plum kaya serat dan membantu mengatasi sembelit. Senyawa fenolik dalam plum juga memiliki efek pencahar. Plum kering juga dapat meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan. Mengonsumsi buah plum secara rutin dapat meningkatkan konsistensi feses lebih baik. Karotenoid dan polifenol spesifik dalam plum juga dapat merangsang pencernaan gastrointestinal. Makanlah buah plum yang telah dilunakkan untuk disimpan di dalam lemari es agar dapat dimakan dengan granola dan yogurt. Rendam beberapa genggam buah plum dalam air yang baru saja direbus, dinginkan dan simpan dalam toples tertutup di dalam lemari es.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mengonsumsi buah plum dikaitkan dengan penurunan risiko osteoporosis. Plum dianggap sebagai buah paling efektif untuk mencegah dan membalikkan keropos tulang. Plum kering juga meningkatkan kepadatan massa tulang. Beberapa penelitian berspekulasi bahwa efek ini bisa disebabkan oleh adanya senyawa bioaktif dalam plum. Alasan lain mengapa plum baik untuk tulang adalah karena kandungan vitamin K-nya. Nutrisi ini membantu meningkatkan keseimbangan kalsium dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan tulang. Plum kering memiliki kandungan vitamin K yang lebih tinggi dan bisa jauh lebih bermanfaat. Buah plum kering juga bisa berfungsi sebagai makanan ideal untuk mencegah keropos tulang pada wanita pascamenopause. Plum juga mengandung fitonutrien tertentu yang melawan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat membuat tulang keropos dan mudah patah, sering berkontribusi pada osteoporosis.

Mengontrol Tingkat Gula Darah

Plum memiliki khasiat yang dapat membantu mengontrol gula darah. Meskipun karbohidratnya cukup tinggi, plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah dimakan. Ini disebabkan oleh potensinya untuk meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam pengaturan gula darah. Selain itu, serat dalam buah plum mungkin ikut bertanggung jawab atas pengaruhnya terhadap gula darah. Serat memperlambat kecepatan tubuh menyerap karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah naik secara bertahap, bukan lonjakan. Terlebih lagi, mengonsumsi buah-buahan seperti plum dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Namun, pastikan untuk menjaga ukuran porsi buah plum yang Anda makan tetap terjaga, karena buah plum tinggi kalori dan jangan dimakan berlebihan. Ukuran porsi yang wajar adalah 44-87 gram.

Berita Lainnya  Tidak Hanya Beri Keuntungan, Ternyata Teknologi Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Meningkatkan Memori Otak

Tahukah Anda bahwa makan tiga hingga empat buah plum sehari dapat membantu menetralkan radikal bebas perusak sel yang memengaruhi daya ingat? Makan buah plum berukuran 75 miligram membantu meningkatkan daya ingat. Karena buah ini mengandung sejumlah besar polifenol dan fitokimia seperti asam Neoklorogenik, asam klorogenat, asam crypto chlorogenic, asam caffeic, anthocyanin, flavanol dan flavonoid. Karena buah ini kaya dengan antioksidan yang telah terbukti memperlambat perkembangan Alzheimer. Mereka juga mengandung anthocyanin dan quercetin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel otak.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah plum tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, tetapi juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin ini bertanggung jawab untuk membangun daya tahan tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Karena buah plum dapat membantu meningkatkan kekebalan Anda, yang berarti buah ini memiliki potensi untuk melindungi dari pilek dan flu. Sebuah penelitian yang dilakukan pada unggas menunjukkan bahwa buah tersebut mengandung senyawa yang mungkin memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler