fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Makanan yang Mampu Mengatasi Mulut Kering

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Mulut yang kering tentunya membuat tidak nyaman. Terutama mulut menjadi berasa pahit bahkan bisa membuat bau mulut yang tidak sedap. Mulut yang kering biasanya disebabkan kurangnya produksi air liur. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih hingga 8 gelas setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan ini untuk mengatasi mulut kering.

Sayuran Kenyal

Sayuran yang memiliki tekstur kenyal dapat merangsang produksi air liur. Sayuran seperti wortel, mentimun dan seledri memiliki banyak kandungan air untuk menjaga kelembapan mulut.

Keju

Kalau Anda pecinta keju, Anda pasti senang karena keju memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulut. Keju juga mampu menetralkan keasaman air liur di mulut sekaligus bisa menambah produksi air liur. Keju juga mengandung mineral yang baik untuk kesehatan gigi karena terdapat protein dan kalsium di dalam keju.

Apel

Makan apel dapat merangsang aktivitas kelenjar yang memproduksi air liur. Hal ini akan membuat mulutmu menjadi lembap. Selain mengunyah buah apel, jus apel juga bisa menjadi pilihan untuk melembapkan mulut. Namun, kandungan asam dari apel dapat merusak gigi. Maka dari itu, Anda jangan lupa untuk minum air putih setelah mengonsumsi apel agar keseimbangan pH di mulut tetap terjaga.

Cuka Apel

Siapa sangka cuka apel berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Anda bisa pakai cuka apel sebagai mouthwash alami. Cuka apel mampu menyegarkan nafas dan membuat mulut menjadi lebih lembap. Nah, Anda bisa menuangkan satu sendok teh cuka apel ke dalam air lalu kumur-kumur. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Endive

Endivi ini merupakan jenis sayuran yang bentuknya mirip dengan daun selada. Endive ini mampu mengaktifkan kelenjar air laur. Sayuran ini memiliki rasa pahit dan bisa dikonsumsi matang atau mentah.

Citrus

Kandungan citrus atau zat asam dapat ditemukan di beberapa buah seperti lemon, anggur, jeruk dan kiwi. Namun, mulutmu bisa terasa berkerut saat mengonsumsi buah dengan kandungan citrus yang tinggi. Untuk menetralisir rasa asam tersebut Anda bisa minum susu.

Makanan Pedas

Kelenjar air liur akan terangsang jika mengonsumsi makanan pedas. Hal ini juga dapat mengatasi mulut yang terasa kering. Sebenarnya Anda tidak perlu memakan cabai atau sambal secara langsung untuk menciptakan rasa peda. Anda bisa menambahkan jahe atau merica di makanan yang akan Anda konsumsi agar terasa pedas.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler