fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Jenis Sayuran yang Enak dan Sehat Untuk Salad

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Biasanya salah satu makanan yang akan terlintas di pikiran banyak orang untuk diet adalah salad. Hidangan yang umumnya terdiri dari beragam sayuran ini telah ada sejak zaman dahulu. Dengan beragam campuran sayuran, salad bisa menjadi makanan pokok yang seimbang. Memiliki beragam manfaat kesehatannya, mengonsumsi salad sayuran setiap hari dapat menjadi salah satu kebiasaan terbaik untuk tubuhmu. Anda dapat menambahkan hampir semua jenis sayuran ke salad, tetapi beberapa topping sayuran lebih bergizi daripada yang lainnya. berikut enam jenis sayuran yang enak dan sehat untuk salad Anda.

Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran sehat yang banyak disukai anak-anak dan orang dewasa. Jenis sayuran akar ini umumnya berwarna oranye, meskipun ada sebagian wortel yang berwarna kuning, putih, merah, bahkan ungu. Sayuran ini memiliki tekstur renyah ketika segar. Wortel sangat cocok untuk disajikan sebagai bagian dari olahan salad. Selain mengandung vitamin A yang baik untuk mata, wortel juga memiliki manfaat beta karoten tinggi yang telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu wortel juga mengandung karotenoid yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, wortel juga bebas kolesterol, bebas lemak, dan sumber serat yang baik.

Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kepala besar dan berbunga ini biasanya diproses terlebih dahulu dengan direbus, dikukus, atau dimakan mentah. Brokoli cocok untuk dimasukkan dalam olahan salad karena mengandung sejumlah nutrisi yang sangat memuaskan. Bahkan, brokoli yang dimasak mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Brokoli juga mengandung antioksidan yang telah terbukti membantu melawan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa makan brokoli dapat membantu mencegah katarak dan mencegah stroke. Sayuran mungil ini bebas kolesterol, bebas lemak jenuh, rendah kalori, tinggi vitamin C dan sumber folat yang baik.

Berita Lainnya  Lima Menu Camilan yang Baik Untuk Kesehatan si Kecil

Kubis

Sayuran hijau yang bentuknya berlapis-lapis ini cocok untuk salad karena mengandung sejumlah manfaat kesehatan. Mengonsumsi kubis dapat membersihkan saluran pencernaan, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kubis dikenal tinggi vitamin C dan vitamin K yang telah terbukti mampu meningkatkan fungsi mental. Selain berwarna hijau, terdapat kubis ungu dan putih yang memiliki manfaat yang hampir sama. Saat membelinya, pilihlah kubis yang ukurannya berat dan pastikan daunnya kencang dan segar. Karena jika daunnya longgar itu menunjukkan bahwa kubis tersebut lebih tua. Sebaiknya simpan kubis di dalam kulkas maksimal 2 minggu. Kubis dapat dimakan mentah, dikukus, direbus, dan ditumis. Biasanya semakin kubis dimasak, semakin kuat aromanya.

Selada

Jenis sayuran hijau yang biasanya digunakan untuk isian burger atau sandwich ini juga sangat cocok untuk dicampur dalam olahan salad. Daun selada mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu Anda tetap sehat. Mengonsumsi daun selada dapat membantu menjaga mata dan kulit sehat karena kandungan vitamin A. Selain itu, daun selada juga merupakan sumber folat yang baik dan dapat mencegah cacat lahir. Selada juga mengandung beta karoten yang membantu mencegah kanker, jantung, dan katarak. Tidak hanya itu, selada juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia.

Berita Lainnya  Lima Keuntungan Tidur Tanpa Bantal

Timun

Timun atau mentimun tidak hanya cocok dijadikan sebagai acar, timun juga sangat enak dan sehat untuk olahan salad. Timun mengandung banyak nutrisi penting terutama untuk kulit. Mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan kanker. Sebaiknya jangan mengupas kulit timun karena kulitnya mengandung serat yang membantu pencernaan. Selain itu mengandung silika yang membantu menjaga kesehatan kulit. Timun sebaiknya dikonsumsi secara mentah dan dalam keadaan segar.

Bayam

Bayam adalah peringkat pertama dalam daftar makanan super karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Tidak diragukan lagi jika bayam tidak hanya cocok untuk olahan sayuran biasa, tapi juga sangat cocok untuk olahan salad. Kandungan nutrisinya tersebut memberikan kemampuan untuk membantu mencegah penyakit seperti kanker. Bayam juga mengandung folat yang tinggi untuk melindungi cacat lahir. Selain itu bayam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi otak dari beberapa gejala penuaan. Vitamin A yang ditemukan dalam bayam juga penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Ternyata bayam mengandung asam, maka dari itu merebus adalah metode terbaik untuk bayam. Merebus bayam dalam panci setidaknya satu menit memungkinkan asam akan larut ke air dan memberikan rasa yang lebih manis pada bayam, karena air mengurangi kandungan asam oksalat hingga 50 persen.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler