fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tujuh Manfaat Biji Selasih

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tanaman selasih tergolong ke dalam familia tumbuhan Labiatae. Di beberapa daerah di Indonesia, selasih juga dikenal dengan sebutan selaseh, telasih, amping, atau kukuru. Dalam bahasa Inggris, selasih kerap disebut basil. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah tropis di Afrika Tengah atau Asia Tenggara. Selain di Indonesia, tanaman selasih diketahui saat ini ditanam juga secara intensif di beberapa negara lain, seperi Perancis, Mesir, Hungaria, Maroko, Yunani, Israel, dan Amerika Serika. Biji selasih sendiri didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan daun kemangi. Biji-bijian ini akan mengembang dan terasa kenyal setelah dicampur dengan air. Berikut ini merupakan manfaat biji selasih untuk kesehatan dilansir dari klikdokter.

Kaya Mineral

Satu sendok makan biji selasih menyediakan 15 persen kebutuhan harian kalsium serta 10 persen kebutuhan harian untuk magnesium dan besi. Anda perlu tahu, kalsium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot.

Tinggi Zat Besi

Di dalam biji selasih mengandung zat besi yang sangat penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, biji-bijian kecil berwarna hitam ini bisa menjadi sumber zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak mengonsumsi daging atau produk susu.

Kaya Serat

Biji selasih merupakan sumber makanan yang kaya serat. Sebagian besar serat di dalam biji selasih adalah serat larut, termasuk pektin. Manfaat biji selasih adalah dapat mencukupi kebutuhan serat harian. Sebab, di dalam  1 sendok makan biji selasih mengandung 7 gram serat yang bisa mencukupi 25 persen dari rekomendasi harian.

Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah studi menunjukkan bahwa pektin memiliki manfaat prebiotik. Artinya, kandungan pektin di dalam biji selasih dapat memelihara dan meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

Bikin Perut Cepat Kenyang

Kandungan pektin di dalam biji selasih dapat membuat perut lebih mudah kenyang dan tak cepat lapar. Zat pektin dapat menunda pengosongan lambung dan meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang.

Membantu Kontrol Gula Darah

Menurut penelitian, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 10 gram biji selasih selama sebulan setelah makan mengalami penurunan kadar gula darah. Kadar gula darah peserta yang mengonsumsi biji selasih ditemukan 17 persen lebih rendah dibandingkan di awal penelitian.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Biji selasih punya manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebab, pektin bekerja dengan menghambat penyerapan zat kolesterol di dalam usus. Orang yang makan 30 gram (7 sendok teh) biji selasih setiap hari selama satu bulan mengalami penurunan total kolesterol sebanyak 8 persen.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler