fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Mengunyah Permen Karet

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–beberapa tahun terakhir sudah tidak nampak pemuda yang berjalan atau nongkrong sambil mengunyah permen karet. Meskipun tak lagi menjadi tren, permen karet tetap dikonsumsi hingga saat ini. Berbeda dengan jenis permen lainnya, ternyata permen karet memiliki banyak manfaat, lho. Bahkan mungkin Anda  tidak pernah menduga sebelumnya jika kebiasaan mengunyah permen karet bisa membawa dampak positif yang dilansir dari www.mnn.com. Penasaran dengan manfaat permen karet? Ini dia!

Meningkatkan Fokus dan Waspada

Bukan sekadar opini, tapi ada sejumlah fakta yang membenarkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan, lho. Kondisi ini disebabkan karena gerakan rahang yang mengunyah akan memberi rangsangan pada saraf otak yang berkaitan dengan gairah. Selain itu, ketika mengunyah permen karet, aliran darah ke otak juga akan meningkat. Peningkatan gairah dan aliran darah inilah yang disebut-sebut mampu menambah fokus dan waspada seseorang. Apalagi jika Anda  memilih permen karet dengan rasa mint, konon rasa tersebut juga akan semakin meningkatkan kewaspadaan seseorang yang mengonsumsinya.

Mengurangi Stres

Pernahkah Anda  menggigit kuku atau menggoyangkan kaki dengan sendirinya? Mungkin Anda  tak menyadari telah melakukan gerakan tersebut. Namun ketahuilah bahwa tanda-tanda kegelisahan tersebut bisa disebabkan oleh stres. Untuk mengurangi stres dan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti menggigit kuku dan menggoyangkan kaki, cobalah untuk mengunyah permen karet. Aktivitas mengunyah yang berulang dapat mengurangi kadar hormon kortisol, salah satu hormon pemicu stres.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit setiap habis makan dapat memperbanyak produksi sativa atau air liur. Selain itu, permen karet tanpa gula juga mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Meskipun permen karet memberikan manfaat positif untuk kesehatan gigi dan mulut, tapi Anda  tetap tidak bisa menggantikan fungsi menggosok gigi dengan hanya mengunyah permen karet.

Membantu Orang yang Ingin Berhenti Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan rokok dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Tak sedikit orang yang mengaku ingin berhenti merokok meskipun kenyataannya tidak semudah itu. Selain diperlukan tekad yang kuat, orang yang ingin berhenti merokok bisa memilih permen karet sebagai ‘pengganti’ rokok yang biasa dihisap. Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok akan merasakan asam di dalam mulut jika tidak merokok seperti biasanya. Nah, di sini peran permen karet adalah mengurangi rasa asam di mulut perokok yang sedang beradaptasi untuk tidak merokok. Di samping itu, mengunyah permen karet akan mengurangi hasrat merokok secara alami, lho.

Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

Sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan? Bagi Anda  yang belum pernah melakukan diet sebelumnya, tentu saja Anda  akan mengalami kesulitan ketika harus mengontrol nafsu makan. Anda  pun harus meninggalkan kebiasaan ngemil ketika diet ini. Solusi agar dietmu sukses adalah mengunyah permen karet untuk menekan nafsu makan. Percaya atau tidak, konsumsi permen karet bisa membuat hasrat untuk ngemil jadi berkurang. Namun perlu Anda  ingat bahwa jenis permen karet yang baik dikonsumsi adalah yang tidak mengandung gula. Permen karet manis yang sarat akan kalori hanya akan menghambat usaha Anda menurunkan berat badan.

Berita Lainnya  Mencicipi Olahan Tawon Baluh, Serangga Mematikan dengan Cita Rasa Lezat

Meredakan Nyeri Telinga Saat di Ketinggian

Kalau Anda  pernah merasakan nyeri di area telinga ketika pesawat sedang lepas landas atau hendak mendarat, kondisi itu wajar mengingat tekanan udara di ketinggian pasti berbeda ketika Anda  berada di darat. Walaupun berlangsung sesaat, nyeri telinga akibat berada di ketinggian ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri telinga saat berada di pesawat terbang adalah dengan mengunyah permen karet. Sebagaimana yang kita ketahui, permen karet bisa memperbanyak produksi air liur sehingga Anda  pun lebih banyak menelan ludah. Ketika Anda  menelan air liur, tekanan udara pada telinga jadi lebih seimbang dan rasa nyerinya berkurang.

Menurunkan Asam Lambung

Peningkatan asam lambung berpotensi membuat seseorang merasa mulas, mual, sampai menimbulkan keinginan untuk muntah. Kondisi ini sepele tapi dapat menghambat aktivitas. Bahkan, saat mual seseorang akan kesulitan menelan makanan. Produksi air liur yang dihasilkan setelah mengunyah permen karet dapat membersihkan asam tersebut.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler