fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Udang Bagi Kesehatan Wanita

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Udang yang rendah kalori, dan mengandung protein dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup besar, serta merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3 yang baik, yang mampu menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Panasaran apa saja manfaat udang untuk kesehatan khususnya wanita? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Mengurangi Nyeri Menstruasi Dan Gejala PMS

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Manfaat pertama dari udang untuk kesehatan adalah dapat mengurangi nyeri menstruasi dan gejala pramenstruasi atau PMS. Meski mengandung kolestrol yang cukup tinggi, namun kolestrol yang dimiliki udang adalah sumber kolestrol yang bermanfaat lho, yaitu asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 ini, mampu membantu mengurangi kram saat menstruasi, serta mengurangi gejala saat pramenstruasi (dikenal PMS) seperti perubahan mood, payudara yang terasa lunak, dan gejala PMS lainnya.

Berita Lainnya  Lima Novel Sastra Indonesia yang Wajib Dibaca

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain dapat mengurangi nyeri saat menstruasi dan gejala PMS, udang juga dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan mineral yang ada pada udang, yaitu seng, berperan besar lho guys dalam menjaga kesehatan rambut. Seng berperan penting dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kankericalnewstoday.com

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, udang juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antioksidan yang kuat dari kedua asam lemak yang dimiliki udang, yaitu astaxantin dan omega-3, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

Berita Lainnya  Tujuh Kelebihan Work From Home

4.Perlindungan Kulit

Selain dapat menghambat sel kanker, astaxanthin pada udang, juga mampu memberikan perlindungan pada kulit. Astaxanthin dapat mengurangi kerutan pada kulit, dengan cara meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, astaxanthin juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), sehingga dapat menurunkan resiko kanker kulit.

5. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Nah, ini dia manfaat terbesar dari udang, yaitu dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Udang mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, serta juga mengandung dua nutrisi yaitu vitamin A dan vitamin B12, yang berperan penting dalam meningkatkan dalam produksi sel darah merah.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler