fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Petai bagi Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Meskipun bau, ternyata petai atau petai ini memiliki banyak penggemar, lho. Beberapa jenis makanan rasanya kurang sedap jika tidak dicampur dengan petai, salah satunya sambal goreng ati. Bagi sebagian orang, petai adalah makanan favorit. Sayangnya, sebagian orang lainnya menganggap bahwa petai adalah makanan yang harus dihindari. Nah, masihkah Anda ingin menghindari petai jika ternyata ada tujuh manfaat petai bagi kesehatan? Yuk, cari tahu manfaat petai berikut ini.

Mencegah Depresi

Depresi adalah gangguan psikis yang dapat dialami oleh siapa saja. Siapapun yang mengalami depresi pasti tidak dapat makan dan tidur dengan nikmat. Bagi Anda yang gemar menyantap petai, Anda dapat mencegah depresi dengan petai, lho. Sebuah studi melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat petai untuk mengatasi depresi. Hasilnya, petai ternyata mengandung triptofan, senyawa yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Konsumsi makanan yang menghasilkan serotonin dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks, bahagia, dan memiliki mood yang lebih baik.

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Petai mengandung kalium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Kalium dibutuhkan tubuh untuk menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit. Peningkatan kadar nutrisi memungkinkan oksigen dapat mencapai otak sehingga fungsi kognitif otak dan aktivitas saraf menjadi lebih optimal. Dengan mengonsumsi petai maka kemampuan mengingat, kemampuan melakukan rekognisi pola, dan kemampuan untuk mempersepsikan indera mengalami peningkatan. Manfaat petai untuk meningkatkan fungsi kognitif otak juga sudah diuji di Inggris. Terbukti para siswa yang mengonsumsi petai saat makan siang dapat mengerjakan soal latihan secara lebih mudah.

Berita Lainnya  Mengenal Sembilan Tipe Kecerdasan pada Anak

Mencegah Anemia

Di balik aromanya yang sangat menyengat ternyata ada manfaat petai yang sangat berguna bagi Anda yang memiliki anemia. Petai mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat merangsang pembentukan hemoglobin di dalam darah. Orang yang memiliki anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi petai. Pasalnya, sayuran ini dapat mencegah kekurangan darah. Abaikan saja baunya yang menyengat karena Anda bisa memperoleh manfaatnya yang luar biasa!

Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Sama seperti manfaat petai untuk mencegah depresi, kandungan triptofan di dalam petai dapat membuat kualitas tidur Anda jadi lebih baik. Suasana hati yang lebih baik tentu akan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Jika selama ini Anda sering mengalami insomnia, cobalah untuk mulai mengonsumsi petai agar tidur jadi lebih nyenyak. Tak hanya mengandung triptofan, petai juga memiliki kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi. Nah, makanan yang mengandung asam amino esensial seperti petai ini dapat memberikan efek relaksasi, menginduksi tidur, dan mengatasi kecemasan. Alhasil, kualitas tidur pun jadi lebih baik.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berita Lainnya  Resep Martabak Bandung

Tekanan darah tinggi alias hipertensi bukan masalah kesehatan yang sepele. Jika dibiarkan begitu saja, hipertensi dapat menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, pemilik hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi petai. Mengapa harus petai? Petai adalah makanan dengan kadar potasium yang tinggi tapi rendah garam. Makanan dengan potasium yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan, manfaat petai untuk hipertensi ini juga sudah diuji oleh Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA). Jika Anda berhasil menjaga tekanan darah tetap stabil, maka risiko penyakit stroke akan berkurang.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh setiap orang tentu berbeda-beda. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah tentu akan mudah terserang penyakit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti petai, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Petai adalah makanan tinggi antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh secara alami. Kandungan antioksidan di dalam petai dapat menangkal radikal bebas sehingga Anda terhindar dari risiko sejumlah penyakit. Nah, setelah mengetahui manfaat petai yang satu ini, apakah Anda masih ragu untuk menyantapnya?

Berita Lainnya  Resep Kerupuk Kemplang

Menjaga Kesehatan Jantung

Tak ada yang menduga bahwa salah satu manfaat petai adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hoax semata, ternyata manfaat petai untuk kesehatan jantung ini sudah diklaim oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang dikenal dengan nama World Health Organization (WHO). WHO menyatakan bahwa kandungan kalium yang terdapat di dalam petai dapat mempercepat proses penurunan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Petai memang dapat menjaga kesehatan jantung, tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar kolesterol dan tekanan darah tidak meningkat.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler