fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Obat Alami Untuk Radang Tenggorokan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Peradangan yang menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Namun, penyebab utama dari radang tenggorokan adalah infeksi virus yang menjadi penyebab  pilek, flu, campak, cacar, dan demam kelenjar. Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Penyakit ini disebut dengan strep throat. Terlepas dari itu, alergi, udara kering, polusi udara, naiknya asam lambung juga, dan cedera dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Secara umum, sakit tenggorokan biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Terutama yang disebabkan oleh infeksi virus, alergi, atau cedera ringan. Menurut American Academy of Otolaryngology, perawatan melalui obat alami dan apotek untuk sakit tenggorokan bisa dicoba untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat pemulihannya.

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat merupakan cara mengobati radang tenggorokan alami yang terbukti ampuh dalam membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan. Berkumur air garam beberapa kali sehari dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan. Untuk membuat obat radang alami untuk mengatasi sakit tenggorokan ini, Anda cukup mencapur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam 3-4 kali dalam sehari. Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami ini sebaiknya rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berita Lainnya  Enam Desain Dapur Kotor Nuansa Outdoor

Madu Dan Perasan Lemon

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan serta rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan. Sementara, lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Astringen yang terdapat lemon dapat meredakan pembengkakan pada tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Untuk mengolah kedua bahan alami ini menjadi obat sakit tenggorokan, Anda cukup campurkan 2 sendok madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir air hangat atau teh. Namun, patut diingat  madu sangat tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur 1 tahun.

Cuka Apel Dan Garam

Jika tenggorokan Anda meradang akibat batuk hebat, atasi dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Jika diperlukan, gunakan campuran bahan ini sebagai obat kumur alami untuk mengatasi radang yang menyebabkan sakit di tenggorokan. Ramuan obat alami untuk radang tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu. Kemudian, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

Berita Lainnya  Enam Bahan Alami Penumbuh Alis

Kunyit

Rempah kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat. Kunyit juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius, termasuk sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan akibat radang. Untuk membuatnya, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami ini dapat bekerja lebih optimal. Selain sebagai obat kumur untuk radang tenggorokan, kunyit juga bisa ditambahkan pada secangkir teh yang dicampurkan pada madu dan lemon.

Kayu Manis

Tidak hanya sebagai bumbu masakan atau kue, kayu manis ternyata juga bisa menjadi obat yang manjur untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat radang. Pasalnya, kayu manis memiliki sifat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Dengan begitu, kayu manis membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan. Untuk menjadikan kayu manis sebagai obat sakit tenggorokan, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Selama minuman ini masih panas, hirup uap airnya, dan setelah airnya sudah menghangat Anda bisa mengonsumsinya. Selain itu, Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama seminggu.

Berita Lainnya  Lima Jenis Anjing Termahal di Dunia

Teh Herbal

Teh yang kaya akan kandungan antioksidan dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di tenggorokan. Tubuh membutuhkan antioksidan ini untuk membangun sistem imun yang lebih kuat dan memperbaiki jaringan yang telanjur rusak akibat infeksi tersebut. Tidak hanya itu, teh hangat yang diminum rutin juga dapat membantu mengencerkan lendir yang berkumpul di tenggorokan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan risiko iritasi tenggorokan yang semakin parah.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler