fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh  Tips Menabung Secara Tepat, Efektif, dan Mudah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)– Anda ingin mewujudkan impian seperti membeli rumah, mobil, atau jalan-jalan ke luar negeri? Ada banyak cara yang bisa  Anda lakukan, seperti mengajukan cicilan melalui kredit, KPR untuk rumah, atau menabung agar bisa membeli secara tunai dan tidak terbebani angsuran tiap bulannya. Agar impian  Anda dapat lebih cepat tercapai, tentunya  Anda harus mulai menabung secara benar. Nah, buat  Anda yang ingin memulai komitmen dalam menabung, yuk simak dulu tips menabung yang tepat dan efektif dari dekoruma berikut ini!

Tentukan Tujuan Dalam Menabung

Pertama,  Anda bisa menentukan tujuan yang ingin dicapai di masa depan. Tips menabung ini dapat  Anda lakukan agar lebih termotivasi dan nantinya menjadi kebiasaan  Anda untuk menabung secara disiplin.  Anda bisa melakukan tips menabung ini dengan menentukan apa saja keinginan yang ingin dicapai, misalnya melakukan traveling, membeli gadget baru, menikah, bahkan membeli rumah baru.

Tentukan Target Jumlah dan Waktu Dalam Menabung

Tips menabung efektif lain yang bisa dilakukan adalah menentukan target jumlah uang dan waktu.  Anda bisa memperkirakan harga dari barang, tiket pesawat, properti rumah, atau hal lain yang diinginkan. Kemudian, tentukan waktu menabung yang diperlukan agar bisa mencapai target tersebut. Agar lebih mudah, tips menabung melalui penentuan jumlah uang dan waktu yang diperlukan ini bisa  Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi kalkulator tabungan yang saat ini banyak tersedia.

Lakukan Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan

Selain itu,  Anda juga bisa melakukan tips menabung dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Pada dasarnya,  Anda bisa menabung dari pemasukan yang telah dikurangi dengan pengeluaran rutin bulanan. Dengan melakukan tips menabung ini secara rapi, maka  Anda bisa mengetahui berapa alokasi budget yang dapat digunakan untuk menabung.

Sisihkan Budget Tabungan Secara Disiplin

Jika  Anda telah mengetahui anggaran untuk menabung, maka  Anda harus selalu menyisihkan budget tersebut secara disiplin setelah memperoleh pemasukan. Melalui tips menabung ini,  Anda bisa mengurangi risiko godaan untuk menggunakan uang diluar kebutuhan utama dan bisa menabung dengan nilai yang konsisten sehingga lebih cepat mencapai tujuan.

Pisahkan Tabungan pada Rekening Berbeda

Agar lebih efektif,  Anda juga bisa melakukan tips menabung dengan membuat akun rekening terpisah. Silakan buat rekening khusus untuk tabungan dan keperluan sehari-hari agar lebih mempermudah  Anda dalam memantau saldo. Selain itu, pemisahan akun rekening ini pun membuatmu dapat menahan diri agar tidak menggunakan saldo tabungan untuk keperluan konsumtif.

Manfaatkan Fitur Tabungan Otomatis

Tips menabung selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur tabungan otomatis. Saat ini, ada banyak perbankan yang menyediakan fitur autodebet sehingga  Anda bisa melakukan transfer ke rekening tertentu sesuai waktu dan nominal yang telah ditentukan. Tentunya, fitur ini memudahkanmu dalam memisahkan budget tabungan dan budget untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, ada pula layanan tabungan berjangka yang akan memotong saldo otomatis sesuai jumlah tujuan yang telah  Anda tentukan, di mana layanan ini akan membantu  Anda agar bisa menabung secara disiplin.

Segera Lakukan Penghematan

Nah, agar tips menabung di atas lebih efektif,  Anda sebaiknya mulai melakukan penghematan. Ini bisa  Anda mulai dengan memotong anggaran untuk hiburan, mengurangi biaya berlangganan seperti TV kabel dan platform streaming, menghemat penggunaan listrik dan air, serta berbelanja kebutuhan sehari-hari secara grosir. Inilah tips menabung efektif yang bisa  Anda lakukan agar bisa lebih cepat dalam mencapai tujuan yang  Anda inginkan. Selain tips menabung di atas, temukan juga berbagai artikel inspiratif lainnya melalui Dekoruma, ya!

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler