fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Mengurangi Kantung Mata yang Membesar

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Wajah bisa terlihat lebih tua, lelah atau terlihat murung karena adanya kantung mata. Ya, kantung mata memang sangat menjengkelkan. Terlebih bagi kaum hawa, kantung mata sangat tidak enak dipandang. Kantung mata ini juga memberikan tanda bahwa Anda sedang stress atau kelelahan. Bagi Anda yang sudah tidak tahan lagi dengan kantung mata yang semakin membesar, Anda bisa mempraktikkan cara ampuh mengatasi kantung mata di bawah ini.

  1. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Membasuh wajah dengan air dingin berguna untuk menyegarkan kembali wajah, terutama pada bagian mata. Kantung mata dapat terbentuk karena kurang lancarnya sirkulasi cairan pada kulit wajah. Oleh karena itu, membasuh wajah dengan air dingin akan sedikit mempersempit pembuluh darah, memperlancar cairan pada kulit wajah dan mengurangi bengkak di bagian bawah mata. Anda dapat meletekkan beberapa es ke dalam air lalu gunakan air tersebut untuk membasuh wajah. Penggunaan es tidak boleh terlalu banyak. Selain itu, air tidak boleh dalam keadaan yang terlalu dingin.

  1. Letakkan Irisan Mentimun Pada Mata

Anda dapat menghilangkan kantung mata dalam 30 menit hanya dengan irisan mentimun. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil mentimun dari lemari pendingin lalu potong membentuk lingkaran. Ambil dua lembar potongan mentimun dan masukkan kembali potongan mentimun lainnya ke dalam lemari pendingin. Berbaringlah dan letakkan potongan mentimun di atas mata Anda. Jika mentimun potongan mentimun sudah tidak terasa dingin lagi, ambil kembali potongan mentimun lainnya dan ulangi langkah tersebut sampai 30 menit.

  1. Tutup Mata dengan Sendok Dingin

Anda pasti memiliki sendok di rumah. Sendok ini ternyata tidak hanya berguna sebagai peralatan makan saja, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan. Sendok dinilai cukup efektif untuk menghilangkan kantung mata Anda. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendinginkan sendok. Anda bisa mendinginkan sendok dengan cara merendamnya dengan es. Setelah sendok dingin, segera tutup mata Anda dan letakkan sendok di atas mata Anda dengan posisi tertelungkup atau cekungan menghadap ke bawah. Lakukan cara tersebut secara rutin sampai kantung mata Anda menghilang.

  1. Gunakan Teh Celup

Sekantong teh ternyata ampuh untuk mengatasi kantung mata. Teh mengandung kafein yang dapat mengurangi pembengkakan atau kantung pada mata. Selain itu teh yang mengandung anti inflamasi alami dapat menyegarkan kembali kulit di sekitar mata Anda. Untuk melakukan perawatan ini Anda hanya perlu mengambil sepasang teh celup, lalu masukkan ke dalam air yang dingin. Peras kantong teh agar kandungan airnya tidak terlalu banyak. Setelah itu berbaringlah dan tutup mata Anda. Letakkan sepasang teh celup yang telah dingin pada mata Anda. Diamkan sampai suhu teh celup tidak terasa dingin lagi, lalu celupkan lagi ke air dingin. Anda dapat mengulangi cara tersebut selama setengah jam.

  1. Kencangkan dengan Putih Telur

Cara selanjutnya untuk mengatasi kantung mata adalah menggunakan putih telur. Kantung mata akan menyebabkan kulit di bawah mata Anda menjadi kendur. Untuk mengencangkan kembali kulit di bawah mata, Anda dapat menggunakan putih telur. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil sebutir telur, lalu pisahkan putih telur dari kuningnya. Kocok putih telur sampai tercampur rata, kemudian ambil kuas untuk membantu mengoleskan putih telur pada kulit sekitar mata. Biarkan putih telur selama 20 menit atau sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin.

  1. Manjakan Mata dengan Kentang

Kentang mengandung anti inflamasi alami yang dapat mengurangi kantung mata. Anda dapat memanjakan mata menggunakan kentang dengan berbagai cara. Selain memotongnya seperti halnya perawatan menggunakan mentimun, Anda juga bisa menggunakan jus kentang. Cara membuatnya diawali dengan mengupas kentang sampai bersih. Setelah itu haluskan kentang dengan blender atau dengan cara diparut. Letakkan kentang yang telah dihaluskan ke dalam kain yang bersih lalu ikat. Tutp mata Anda lalu kompres menggunakan kentang dalam kain tersebut. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air dingin.

  1. Pijat Mata dengan Jari Tangan

Memijat mata dengan jari tangan bisa dikatakan sebagai cara termudah untuk mengatasi kantung mata. Kantung mata dapat terbentuk karena adanya cairan yang berlebih yang terjebak di bawah mata. Anda dapat memijat mata daerah di sekitar mata dengan lembut. Tujuannya adalah agar cairan di bawah mata tidak terperangkap lagi dan dapat mengalir dengan lancar. Cara memijat yang benar yakni tutup mata Anda, lalu tekan bagian bawah mata secara lembut menggunakan jari manis. Gerakan jari manis mulai dari dalam sudut mata ke arah luar. Ulangi gerakan tersebut selama 10 sampai 15 kali. Lakukan cara ini setiap pagi setelah bangun tidur.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler