fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Baik Menggendong Si Kecil

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Pada 1986, tim dokter di Montreal, Kanada, mengadakan penelitian terhadap 99 pasang ibu- si kecil . Sebagian ibu diminta menggendong  si kecil nya setidaknya 3 jam lebih lama dari pada ibu lainnya. Hasilnya, 43%  si kecil   yang digendong lebih lama menjadi sedikit menangis dan rewel dibandingkan dengan  si kecil   yang lebih sebentar digendong. Menggendong  si kecil   sangat disarakan. Selain dapat membuatnya lebih tenang, juga akan membuat  si kecil   lekat dengan orang tua. Ketika berada dalam gendongan ia akan menempel pada setiap yang dilakukan ibu. Tak hanya lekat,  si kecil   pun seakan menyatu dengan orang tua. Hal ini akan mendatangkan berbagai manfaat bagi buah hati.

Menggendong Bisa Menenangkan si Kecil

Sebagian orangtua menganggap terlalu sering menggendong tak baik untuk  si kecil. Padahal di usia tertentu, justru  si kecil  butuh digendong. Kebiasaan menggendong dibolehkan karena bisa menenangkan  si kecil.

Berita Lainnya  Enam Langkah Efektif Meningkatkan Massa Otot

Untuk Membantunya Tumbuh Dan Berkembang Secara Fisik

Si kecil   yang sering digendong akan menghabiskan waktu lebih sedikit untuk menangis atau rewel, sehingga si kecil memiliki banyak waktu dan energi untuk membantunya tumbuh dan berkembang secara fisik serta mampu berinteraksi dengan lingkungannya.

Dapat Meningkatkan Kemampuannya Untuk Belajar

Jika  si kecil   diposisikan dalam gendongan, maka ia bisa melihat sekelilingnya dan mencoba untuk memilih serta mengambil apa yang diinginkannya. Kemampuan untuk membuat pilihan ini dapat meningkatkan kemampuannya untuk belajar.

Lebih Peka, Merasakan Yang Orang Lain Rasakan

Selain itu  si kecil   juga terlibat langsung dalam dunia orang yang menggendongnya, seperti  si kecil   melihat apa yang orangtuanya lihat, mendengar apa yang orangtuanya dengar serta turut merasakan yang orang lain rasakan.

Sehingga Membantu Si Kecil   Belajar

Si kecil   yang digendong akan menjadi lebih sadar serta dapat memahami wajah, ritme langkah dan juga aroma orangtuanya seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh, naik turunnya suara serta pola pernapasan dan emosi dari orang yang menggendongnya.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Membuat Taman Vertikal Di Rumah

Ikatan Orangtua Dan Si Kecil   Lebih Terjalin

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan seringnya menggendong  si kecil   adalah ikatan yang kuat antara kita dan  si kecil.

Membantu Merangsang Sel Saraf

Menggendong juga bisa meningkatkan bonding. Sambil menggendong ibu bisa mengajak  si kecil   bicara. Cara ini juga membantu merangsang sel saraf  si kecil  . Jadi, sambil menggendong ibu bisa membantu menstimulasi otak  si kecil   yang berkaitan dengan perkembangan kecerdasannya.

Mengembangkan Kemampuan Bicara

Ketika bayi digendong dalam posisi didudukkan, biasanya ia akan melihat interaksi komunikasi orang-orang disekelilingnya. Ia akan menyimak suara yang didengar, juga memperhatikan ekspresi orang-orang tersebut, lalu direkam di dalam otaknya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler