fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tunggu Instruksi Pemerintah Pusat, Rencana Vaksinasi Nakes di Gunungkidul Ditunda

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul masih menunggu instruksi pusat terkait pelaksanaan vaksinasi bagi ribuan tenaga medis ini. Dengan demikian, rencana vaksinasi covid-19 yang direncanakan akan dimulai pada 14 Januari 2021 terpaksa ditunda hingga Februari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menerangkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Hasilnya, pemerintah memutuskan tidak semua kabupaten dan kota serentak melakukan vaksinasi pada tanggal 14 Januari 2021 ini.

“DIY hanya Kota dan Sleman yang bulan Januari ini,” kata Dewi Irawaty, Rabu (13/01/2021).

Kemudian sisanya yaitu Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo akan melakukan vaksinasi pada termin kedua yaitu di bulan Februari 2021 mendatang. Vaksin covid-19 yang akan didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas sampai sekarang juga belum diterima, menurutnya masih berada di tempat penyimpanan di Pemda DIY.

“Kita tunggu instruksi lanjutan,” sambungnya.

Ia menjelaskan pada vaksinasi tahap pertama ini ada 3.396 tenaga medis di Gunungkidul yang terdaftar sebagai penerima vaksin. Masing-masing akan mendapatkan 2 dosis vaksin covid-19.

“Jarak dilakukan penyuntikan vaksin sekitar 14 hari dari yang pertama dan ke dua. Kan 1 orang dapat 2 dosis,” tambahnya.

Dari jumlah tersebut, nantinya dalam pelaksanaan akan dilakukan seleksi siapa saja yang mendapatkan vaksin tersebut. Diantaranya yang menjadi prioritas adalah nakes yang pernah terkonfirmasi positif, hamil, ada riwayat penyakit bawaan ataupun mereka yang terjun langsung dalam penanganan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler