fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Belasan Ribu Lansia di Gunungkidul Berstatus Terlantar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus lansia terlantar masih saja ditemukan di Kabupaten Gunungkidul, bahkan jumlahnya penyandang masalah sosial ini juga terogolong tinggi. Dari data terakhir di Dinas Sosial Gunungkidul, lansia yang berstatus terlantar mencapai belasan ribu.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Gustarto mengatakan data yang ia miliki sebanyak 15.945 lansia di Gunungkidul masuk dalam kategori terlantar. Pendataan tersebut mengacu pada tahun 2019 lalu, sementara untuk update data tahun 2020 tidak dilakukan lantaran adanya pandemi dan refocusing anggaran yang dilakukan pemerintah.

“Jumlah belasan ribu ini tergolong tinggi. Jadi pemerintah baik pemkab, pemda, dan pemerintah pusat harus bersinergi dalam pengentasan permasalahan tereebut,” terang Gustarto saat ditemui pidjar.com.

Lansia yang masuk dalam kategori terlantar faktornya sangat beragam. Namun yang mendasar adalah mereka tinggal sendirian digaris kemiskinan, sehingga untuk mencukupi kebutuhan perlu adanya sokongan dari berbagai pihak.

“Merujuk pada kondisi perekonomian dan kesejahteraan sehingga bisa dikatakan terlantar itu,” sambung dia.

Dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan update data. Sebab tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan data karena ada beberapa kemungkinan. Diantaranya yakni kondisinya membaik atau ikut bersama keluarga dan meninggal ataupun lainnya.

“Tahun 2021 ini akan kita lakukan update data terkait permasalahan sosial dan penyandang permasalahan sosial di Gunungkidul,” imbuhnya.

Dari pemerintah sendiri ada program pendampingan melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) maupun pihak lain dalam pendampingan bagi lansia miskin tersebut. Sebagai contohnya, lansia yang masih sehat dan masih produktif didampingi dan diarahkan untuk bisa melakukan produksi makanan ataupun produk lainnya.

Dari situ mereka akan mendapatkan penghasilan untuk bisa mencukupi kebutuhan mereka. Bantuan dari pemerintah juga sebagian tersasar.

“Kalau untuk bantuan memang belum menyeluruh. Tapi terus kami upayakan tersasar secara merata. Harapannya permasalahan semacam ini (lansia terlantar) dapat segera teratasi dan mereka mendapat perhatian lebih,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler