fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Upaya Kendalikan Covid-19 di Gunungkidul, Bus AKAP Wajib Turunkan Penumpang di Terminal

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pada libur Natal dan Tahun baru 2021, Dinas Perhubungan Gunungkkdul mewajibkan penumpang yang datang ke Bumi Handayani harus turun di terminal terlebih dahulu. Langkah ini sebagai upaya meminimalisir potensi sebaram covid19.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan, berdasarkan pantauannya peningkatan volume penumpang belum terlihat hingga Rabu (23/12/2020) ini. Kebijakan mewajibkan penumpang turun di terminal sudah diberlakukan mulai pekan ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola bus Antar Kota Antar Provinsi, kami mewajibkan mereka menurunkan penumpang di terminal agar pemantauam kedehatan penumpang mudah dilaksanakan,” ujar Wahyu.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pengelola terminal. Termasik peninjauan atau ramp check bagi para pemudik.

“Jadi berbeda dengan Idul Fitri, kami tidak akan melakukan pencegatan kendaraan di wilayah perbatasan,” kata Wahyu.

Sementara itu Kepala UPT Terminal Semin Nur Wijata mengatakan, pihaknya sudah menginbau bus AKAP agar menurunkan penumpang di terminal. Untuk sisi barat tentu saja di Terminal Dhaksinarga kemudian untuk sisi timur di Terminal Semin.

“Tapi memang untuk pembiasaan penurunan penumpang ini masih terkendala pada pola kebiasaan. Lokasi terminal kami di ujung, biasanya penumpang turun di simpang empat Karangmojo,” ujar Nur.

Namun demikian, pandemi covid19 tetap daat dikendalikan di masa libur, pihaknya tentu saja meminta kepada pihak pengelola bus AKAP segera mendukung kebijakan ini. Dalam waktu tiga hari ini, dikatakan Nur arus mudik belum terlalu terlihat.

“Ya masih biasa, Selasa kemarin terdapat 20 armada datang berisi 45 penumpang. Sedangkan untuk armada berangkat terdapat 22 kendaran dengan penumpang 49,” tutup Nur.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler