fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Wakil Bupati Pantau Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Tim Pengendali Inflasi Daerah melakukan pemantauan bahan pokok ke sejumlah lokasi di Gunungkidul, Rabu (05/04/2023). Pantauan ini untuk memastikan ketersediaan stok sekaligus kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri. Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto memastikan gejolak bahan pokok menjelang lebaran tidak akan terjadi secara signifikan.

Pagi tadi, lokasi pertama yang dilakukan pemantauan adalah di Cv Berkah Jaya Abadi untuk memastikan ketersediaan sejumlah bahan pokok seperti beras, minyak, tepung, dan lainnya. Kemudian ke Sido Rahayu untuk memastikan ketersediaan telur.

“Ketersediaan bahan pokok tergolong aman. Gejolak harga bapok di Gunungkidul tidak akan terjadi secara signifikan,” kata Heri Susanto.

Menurutnya, hampir seluruh komoditas bahan pokok stok di pasaran tergolong aman dan mampu mencukupi hingga lebaran. Tidak dipungkiri memang, untuk saat ini sudah ada beberapa komoditas yang naik, tapi masih tergolong stabil.

Langkah pemerintah untuk antisipasi terjadinya lonjakan harga dan permintaan bapok adalah dengan diadakannya Operasi Pasar (OP) secara intensif dalam waktu dekat ini. Biasanya komoditas yang disediakan seperti minyak, gula dan bahan pokok lainnya.

Berita Lainnya  Dinas Pertanian Dorong Petani Panen Lebih dari 2 Kali di Lahan Tadah Hujan

“Operasi pasar akan diadakan oleh instansi terkait bekerjasama dengan sejumlah pihak,” sambungnya.

Wakil Bupati menghimbau masyarakat tidak khawatir bahkan panik dalam memenuhi kebutuhan pokok untuk lebaran. Sebab pemerintah ketersediaan aman dan tidak akan terjadi kelangkaan bahan pokok.

Pelaksana Harian Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah DIY, Yuna Pancawati mengatakan ketersediaan bahan pokok di pasar tergolong aman. Meski ada kenaikan dibeberapa jenis bahan namun masih relatif terjangkau.

“Untuk pemantauan seperti ini dilakukan secara berkala. Menjelang lebaran tentunya akan kembali dilakukan, untuk OPD terkait dan tim yang dibentuk setiap hari tetap melakukan pemantauan harga di lapangan dan pengecekan stok,” jelasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler