fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Wapres Resmikan Gedung BRIN Untuk Riset Halal di Gading

Diterbitkan

pada

Playen,(pidjar.com)–Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin meresmikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berada di Kalurahan Gading, Kapanewon Playen, Jumat (22/04/2022) siang kemarin. BRIN sendiri diproyeksikan sebagai Laboratorium Rujukan Riset Halal Indonesia karena menyediakan laboratorium yang lengkap dan canggih.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengungkapkan, gedung BRIN ini belum lama selesai dibangun oleh lembaga tersebut. Adapun di gedung ini dilengkapi dengan instrumen penelitian canggih guna mendukung riset pangan halal di Indonesia. Mulai dari fasilitas riset pangan di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan (PRTPP) yang berada di bawah Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN. Dengan demikian diharapkan bidang pangan di Indonesia dapat tumbuh sesuai dengan kondisi ekonomi yang ada.

Berita Lainnya  Hasil Panen Ubi Kayu di Gunungkidul Melimpah

“Infrastruktur yang dimiliki untuk mendukung riset dan inovasi produk halal sehingga kepercayaan konsumen lebih meningkat dan tidak ragu mengonsumsi olahan pangan lokal. Selain itu juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi halal Indonesia,” kata Laksana Tri Handoko.

“Kami memiliki 3 laboratorium penelitian atau riset pangan halal yaitu si Cibinong, Serpong dan yang satunya di Gading, Playen Gunungkidul ini,” jelas dia.

Pada gedung yang diresmikan ini terdapat gedung co-working space, gedung laboratorium terpadu berkaitan dengan material kemasan, stabilitas pangan, keamanan pangan, kimia pangan, fisika pangan, dan rekayasa pangan. Juga ada gedung pengujian in-vivo yang digunakan untuk menguji produk yang dihasilkan, khususnya pada hewan coba berupa mencit, ayam, dan sapi. Kemudian gedung proses cGMP yang digunakan untuk pengemasan hingga produksi makanan pengembangan dan lainnya.

Berita Lainnya  Heboh Dentuman Keras di Ujung TImur Gunungkidul, Ini Penyebabnya

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X berharal dengan adanya BRIN di Gunungkidul ini dapat meningkatkan produsen olahan makanan di DIY untuk memperhatikan komposisi, bahan baku halal, hingga pengemasannya. Dengan begitu produk halal sehat dapat didorong hingga masuk ke pasar global.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Dengan adanya laboratorium rujukan riset halal ini diharapkan dapat menjadi sarana pendukung Indonesia menjadi produaen produk halal dunia 2024 mendatang. Label halal sendiri sangatlah dipertimbangkan oleh para konsumen. Namun juga tidak sembarang halal, melainkan harus ada uji laboratoriun dan bahan baku yang pasti pula.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler