fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sambut Pemudik, Sejumlah Ruas Jalan di Gunungkidul Mulai Diperbaiki

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersiap menyambut mudik lebaran tahun 2022. Sejak beberapa waktu lalu, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperlancar perjalanan para pemudik. Salah satunya dengan dilakukannya pemeliharaan di ruas jalan kabupaten yang diprediksi akan dipadati oleh para pemudik.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, menghadapi hari raya lebaran ini, pemerintah melakukan pemeliharaan sejumlah ruas jalan di beberapa titik di Gunungkidul. Adapun pemeliharaan adalah dengan penambalan di permukaan-permukaan jalan yang berlubang. Sejak beberapa hari lalu, sebanyak 10 ruas jalan telah selesai ditambal oleh pemerintah.

“Sudah seminggu kemarin dilakukan tambal sulam di jalan-jalan yang berlubang,” kata Wadiyono, Senin (25/04/2022).

Ia menjelaskan ruas jalan yang telah dilakukan pemeliharaan diantaranya Jalan Semanu – Panggul, Jalan Semanu – Karangmojo, Jalan Semanu – Jonge, Jalan Gading – Karangtengah, Jalan Gari – PakelJaluk, Jalan Pancuran – Giring, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Siyono – Baleharjo, Kesatriyan dan Jatiayu – Kalilunyu.

“Ada beberapa jalan yang belum bisa kami tangani, sebagai langkah antisipasi agar pengguna jalan tau jika jalan berlubang maka kami pasang rambu-rambu peringatan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk ruas jalan yang dilakukan perbaikan oleh pihaknya memang terbatas untuk ruas jalan yang berstatus kabupaten. Sementara untuk ruas jalan nasional maupun provinsi, pihaknya memang tidak memiliki kewenangan.

Berita Lainnya  Pecahkan Permasalahan Air, Puluhan Kalurahan Dapat Program Pembangunan Pamsimas

“Kita sinergi dengan pemerintah di atasnya, kita sama-sama berkomitmen untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik yang masuk ke Gunungkidul,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhamadiyan Wijayanto mengatakan, bahwa mudik lebaran 2022 dipastikan akan sangat ramai. Para perantau akan memadati jalanan Gunungkidul. Diprediksi ada 40 ribu pemudik masuk di lebaran kali ini.

“Kalau perkiraan kami 40 ribu pemudik itu total dari sebelum H-7 ya. Ya paling 30 ribu sampai 40 ribu itu jumlahnya,” terang Kepala Dinas Perhubungan, Rakhmadian Wijayanto.

Ia menjelaskan untuk puncak mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 27-29 April 2022 mendatang. Analisa yang telah dilakukan para pemudik ini 60 persen menggunakan kendaraan pribadi dan 40 persen menggunakan kendaraan umum.

Berita Lainnya  Sejumlah Obyek Wisata Dipertimbangkan Untuk Uji Coba Dibuka Kembali

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler