fbpx
Connect with us

Peristiwa

Waspada Dalam Berbelanja, Dinas Temukan Puluhan Bungkus Makanan Kadaluarsa Masih Terpajang di Etalase

Published

on

Karangmojo,(pidjar.com)–Jajaran Dinas Kesehatan Gunungkidul bersama Satuan Tugas Kemaanan Pangan Gunungkidul melakukan inpeksi mendadak ke sejumlah pusat perbelanjaan di Kapanewon Karangmojo dan Semin, Rabu (05/05/2021). Dalam sidak tersebut ditemukan puluhan jenis makanan yang sudah kadaluarsa masih dipajang. Bahkan beberapa diantaranya yang memiliki kemasan kaleng hingga berkarat.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, daya beli masyarakat cukup meningkat menjelang lebaran ini. Untuk memastikan kondisi pangan yang dijual beli aman atau tidak pihaknya lantas melakikan pengecekkan.

“Kami cek kadaluarsanya, kemudian beberapa jenis makanan dengan warna mencolok kami beli untuk kemudian diuji lab kandungannya,” kata Dewi di sela-sela sidak.

Dewi menambahkan, para pedagang yang masih memajang bahan pangan kadaluarsa tersebut diberi teguran lisan. Harapannya, pangan yang sudah tidak layak segera disimpan agar tidak dibeli oleh masyarakat.

“Memang kalau sudah kadaluarsa dari kemasan saja kelihatan sudah tidak bagus, kami juga melakukan teguran dan pendataan,” jelas Dewi.

Sejauh ini pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Yogyakarta untuk memastikan kondisi makanan yang dijual belikan selama Ramadhan. Hal tersebut karena banyak para pedagang dadakan yang menjual makanan siap saji sehingga alur pemeriksaan komposisi makanan tidak dilakukan.

“Jadi kami juga melakukan sidak dengan BPOM untuk memeriksa makanan yang dijual saat menjelang buka bersama, agendanya acak nanti,” ujar Dewi.

Sementara itu, salah satu pedagang, Dwi Rahmawati mengaku mengapresiasi langkah dinas melakukan pantauan kondisi makanan menjelang lebaran. Ia mengaku selama ini makanan yang kadaluarsa memang tidak dijual belikan.

“Biasanga disisihkan untuk menunggu retur,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler