fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pra Pengetatan Mudik, Sejumlah Kendaraan Mulai Diminta Putar Balik

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Jajaran kepolisian mulai menggelar pengetatan pada masa pra pelarangan mudik pada 26 April hingga 5 Mei ini. Adapun pengetatan sendiri dilaksanakn pada dua pos penyekatan yakni di Pos Hargodumilah dan Pos Bedoyo.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus menjelaskan pengetatan tersebut berupa pemeriksaan kendaraan angkutan barang dan juga kendaraan luar daerah. Adapun pelaksanaannya sendiri dilakukan berubah-ubah.

“Setiap harinya kami mendapati tiga sampai lima kendaraan dari luar daerah yang hendak mudik, mereka kami minta putar balik,” ujarnya.

Dikatakan Martinus, pada masa pelarangan mudik 6 hingga 17 Mei mendatang, pengetatan di dua pos penyekatan tersebut akan dilaksanakan 24 jam. Pihaknya dengan tegas akan meminta kendaraan dari luar DIY yang tidak dilengkapi dengan surat perjalanan dinas atau keperluan mendesak lainnya seperti yang tertuang pada Surat Edaran untuk berputar balik.

“Giat kami berpedoman pada SE No 12 dan 13 tahun 2021 tentang perjalanan orang dalam masa pandemi dan peniadaan mudik lebaran 2021 yamg dikeluarkan satgas penanganan covid19 serta Permenhub  nomor 13 thun 2021 tentanf pengendalian transportasi selama masa Idul Fitri 1442 H,” terangnya.

Sejauh ini, dikatakan Martinus tidak ada evaluasi yang menjadi catatan pihak kepolisian. Menurutnya, masyarakat pemudik dari luar daerah pun juga tidak banyak protes ketika diminta untuk putar balik.

“Karena ini sudah menjadi peraturan ya semua bisa menerima,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan Pemkab Gunungkidul sudah sepenuhnya siap dalam menghadapi masa pelarangan mudik. Ia mengimbau masyarakat di perantauan bisa melakukan silaturahmi secara virtual dengan keluarga di kampung halaman.

“Saat ini banyak sekali akses media sosial untuk melakukan silaturahmi virtual, kami harap bisa dimaksimalkan,” tandas Heri.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler