fbpx
Connect with us

Pariwisata

Wisatawan Membludak, Seluruh Pantai Diperbolehkan Buka Mulai Pekan Ini

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Jumlah wisatawan yang datang ke kawasan Pantai Baron dan Kukup, Kapanewon Tanjungsari dalam dua pekan terakhir ini terus mengalami peningkatan. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan dalam pekan ini, seluruh obyek wisata pantai sudah melakukan uji coba pembukaan kembali dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Pantauan di lapangan, pada Minggu (05/07/2020) kemarin, pengunjung kawasan pantai membludak hingga melebihi batas yang ditetapkan yakni 7.000 pengunjung. Meski saat ini uji coba masih berada di Pantai Baron dan Kukup, dalam prakteknya pengunjung juga menyebar ke pantai lain yang belum melakukan uji coba seperti Pantai Ngrawe, hingga Drini.

“Kita sudah melakukan konsolidasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jadi meski mereka berkunjung ke pantai Drini, pengelola di sana sudah siap meski belum resmi uji coba pembukaan,” ujar Harry ketika dikonfirmasi, Senin (06/07/2020).

Dinpar Gunungkidul pun menargetkan pada pekan ini, seluruh obyek wisata pantai sudah dilakukan uji coba memperbolehkan pengunjung masuk dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun demikian, jika lokasi masuk zona merah atau terjadi penularan corona, kebijakan ini akan dikaji ulang.

“Minggu ini seluruh kawasan pantai kami targetkan sudah melakukan uji coba secara bertahap. Target uji coba itu dari internal kami, namun faktor eksternal misalnya terjadi zona merah lantaran ada peningkatan penularan signifikan bisa saja merubah rencana itu,” ucap Harry.

Harry berharap, wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan pantai untuk membawa peralatan ibadah sendiri, selalu menggunakan masker, hingga tetap menjaga jarak. Sehingga nantinya pengunjung maupun pelaku wisata dijauhkan dari virus yang saat ini tenah menjadi pandemi di seluruh penjuru dunia tersebut.

“Harapannya semua sehat, dan tidak terjadi klaster baru (covid-19) di kawasan wisata,” sambungnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Kalurahan Mulo, Heri Cahyono mengatakan bahwa sebelumnya dirinya tak mengetahui bahwa ada pantai yang dibuka selain Baron dan Kukup. Namun ketika melihat banyak kendaraan bertumpuk di dua pantai tersebut ia kemudian bergerak ke arah timur dengan harpan ada pantai lain yang telah buka.

“Ternyata benar, di Drini sudah buka. Tapi di Drini juga sama ketatnya, ada petugas yang menimbau untuk menerapkan protokol kesehatan. Banyak tempat cuci tangan juga di sana,” terang dia.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler