fbpx
Connect with us

Pariwisata

Sejumlah Pantai di Kawasan Timur dan Barat Melakukan Simulasi New Normal

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)—Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul saat ini sedang melakukan konsolidasi dan simulasi mengenai persiapan uji coba pembukaan (new normal) obyek wisata. Beberapa pantai di wilayah timur dan barat sejak awal minggu ini mulai melakukan simulasi dengan segala persiapan infrastruktur dan fasilitas lainnya. Dengan adanya simulasi yang menerapkan protokol kesehatan ini diharapkan obyek wista di bumi handayani dapat menampung kunjungan wisatawan yang terus mengalami peningkatan di akhir pekan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, beberapa pantai yang minggu ini dijadwalkan mengikuti simulasi pembukaan obyek wisata dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya Pantai Gesing di wilayah barat. Pantai Sundak Watukodok, Slili, Sepanjang, Siung, dan Pok Tunggal, di wilayah timur. Pantai-pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dan selalu menjadi idola banyak wisatawan yang masuk di Gunungkidul.

Berita Lainnya  Pantai Timang Digandrungi Wisatawan Malaysia, Dinas Siapkan Paket Wisata Khusus

“Untuk minggu depan kami jadwalkan simulasi di Wediombo,” kata Harry Sukmono, Kamis (09/07/2020).

Disinggung mengenai kepastian kapan akan dibuka untuk umum, Harry mengungkapkan jika itu semua tergantung dari hasli simulasi yang dilakukan. Dari pemerintah sendiri tidak mau memaksakan pembukaan obyek wisata jika infrastruktur dan fasilitas lainnya belum memadai.

“Nanti tergantung hasil simulasi bagaimana. Sumber daya manusia dan lainnya memadai untuk menerapkan protokol kesehatan atau tidak. Minggu ini atau minggu depan dibuka kita lihat hasilnya dulu,” tambah dia.

Pemerintah sendiri juga tidak gegabah dalam pembukaan obyek wisata. Secara bertahap pemerintah melakukan simulasi ke obyek wisata baik pantai maupun non pantai sehingga hasil simulasi ini menjadi tolak ukur di ujicobakannya obyek wisata atau tidak.

“Harapan kami memang semua destinasi wisata bisa melakukan simulasi dan uji coba. Tapi itu harus bertahap. Selain pantai yang obyek lain yang relative memenuhi persyaratan yakni Gua Nginggrong, Kalurahan Mulo,” papar Harry.

Evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah selama dua pekan obyek wisata diujicoba, jumlah kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan yang lumayan signifikan. Memang ditemui masih banyak wisatawan yang belum mengikuti anjuran pemerintah. Untuk itu dari petugas yang ada berusaha memberikan himbauan.

Berita Lainnya  Dinas Mulai Batasi Jumlah Wisatawan, Kaji Kemungkinan Penutupan Obyek Wisata

Sementara itu, beberapa waktu lalu Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan dengan diterapkannya uji coba pembukaan obyek wisata diharapkan mampu sembangkitkan perekonomian masyarakat. Khususnya mereka yang berdagang di wilayah destinasi wisata dan penyedia jasa lainnya, mengingat selama pandemi terjadi aktifitas ekonomi mereka lesu bahkan ada yang lumpuh.

“Harapannya ekonomi masyarakat perlahan pulih meksi itu membutuhkan waktu,”ujar Sri Hartanta.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler