fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Jenis Roti Tawar yang Biasa Dikonsumsi saat Sarapan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Roti  biasanya dikonsumsi sebagai pengganti sarapan atau kondisi perut tidak terlalu lapar. Karena bentuknya yang simple dan praktis itulah, roti sangat cocok untuk disantap secara cepat terutama bagi masyarakat perkotaan yang super sibuk. Namun, roti yang Anda ketahui saat ini mungkin hanya sebatas roti tawar atau roti gandum saja, karena biasanya mudah ditemukan di minimarket. Padahal ada beberapa jenis roti populer yang tidak kalah enak dan memiliki ciri khas yang unik. Mau tahu apa saja jenis-jenis roti tersebut? Yuk cekidot.

White Bread

Yang pertama ada white bread atau roti putih. Roti ini terbuat dari tepung gandum.  Nah, roti tawar berwarna putih ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis roti yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Roti jenis ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau diberi tambahan selai hingga taburan meises. Tak sedikit dari masyarakat Anda yang mengonsumsi roti jenis ini dengan susu kental manis di atasnya. Ada pula yang menjadikannya roti untuk sandwich. Kini, roti jenis ini hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari yang original, pandan hingga cokelat.

Berita Lainnya  Fakta Misterius yang Ditemukan oleh Para Arkeolog Dunia

Roti Gandum

Selanjutnya, ada roti gandum. Roti gandum ini termasuk salah satu jenis roti yang sehat dan biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Roti gandum punya tekstur kasar dan warnanya kecokelatan. Roti gandum dikabarkan mengandung lebih banyak serat ketimbang roti tawar putih. Nah, roti gandum yang terbaik yang bisa kamu konsumsi adalah roti gandum utuh alias whole-wheat bread. Roti gandum utuh ini lebih sehat ketimbang roti gandum biasa, lho. Dikutip dari kompas, butiran biji gandum dalam roti gandum utuh ini benar-benar masih memiliki bagian asli dari gandumnya. Karena itulah, roti gandum utuh sangat kaya akan nutrisi. Ada lemak sehat, vitamin B hingga mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia di dalam roti jenis ini.

Baguette

Baguette yang dikenal juga dengan nama French Bread adalah roti asal Prancis yang memiliki bentuk sangat panjang serta ukurannya tergolong besar. Roti yang satu ini punya tekstur keras di luar namun lembut di dalam. Baguette yang terbuat dari bahan utama seperti tepung, air, ragi juga garam ini biasa dikonsumsi dengan cara dicelupkan ke dalam minuman seperti teh dan kopi, hingga diolesi selai.

Berita Lainnya  Lima Disiplin yang Dapat DIterapkan Agar Berat Badan Turun

Focaccia

Adalah roti asal Negeri Menara Pisa yang adonannya mirip dengan pizza. Focaccia biasa digunakan untuk membuat sandwich hingga menjadi makanan pendamping dari ragam jenis masakan italia. Roti ini juga tak jarang dijadikan makanan pembuka alias appetizer dan juga camilan.

Pain au Levain

Pain au Levain adalah roti berbentuk bulat yang terbuat dari adonan asam atau sourdough. Roti ini berasal dari Prancis. Menurut cooksinfo, roti ini bisa tetap segar lebih lama ketimbang roti lainnya yang dibuat dari ragi. Hal ini disebabkan karena roti ini menggunakan adonan asam tadi. Pain au Levain umumnya disajikan sebagai makanan pembuka.

 Frankenbrot

Selanjutnya ada roti asal Jerman yang dikenal dengan nama frankenbrot. Roti yang satu ini punya bentuk yang hampir serupa dengan baguette, roti asal Prancis. Namun, frankenbrot yang terbuat dari tepung gandum hitam alias rye ini tak memiliki ukuran yang panjang layaknya baguette.

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler