fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Hal Yang Bisa Mencegah Penyakit Demensia

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Demensia disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak. Kerusakan ini mengganggu kemampuan sel-sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Ketika sel-sel otak tidak dapat berkomunikasi secara normal, maka fungsi otak seperti berpikir, berperilaku dan mengatur perasaan dapat terpengaruh. Banyak faktor yang akhirnya dapat menyebabkan kondisi ini. Salah satu faktor yang tidak bisa diubah adalah usia. Nah, ada beberapa factor risiko yang mampu menyebabkan demensia lho. Namun hal tersebut dapat dikontrol, kok. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang dapat dikontrol, di antaranya:

Diet dan olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa kurang berolahraga meningkatkan risiko terkena masalah otak ini di masa mendatang. Sebuah penelitian menunjukkan insiden demensia lebih besar pada orang yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet Mediterania seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Asupan alkohol

Jika Anda minum alkohol dalam jumlah besar, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi. Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol dalam jumlah sedang mungkin memiliki efek perlindungan, namun hasilnya tidak konsisten. Hubungan antara alkohol dalam jumlah sedang dan risiko demensia belum ditemukan kesimpulan yang baik.

Faktor risiko kardiovaskular

Kondisi ini termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, penumpukan lemak di dinding arteri (aterosklerosis) dan obesitas.

Depresi

Meskipun belum dipahami dengan baik, depresi pada usia lanjut mungkin mengindikasikan perkembangan penyakit ini.

Diabetes

Memiliki diabetes dapat meningkatkan risiko demensia, terutama jika tidak terkontrol dengan baik.

Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena demensia penyakit ini dan penyakit pembuluh darah (pembuluh darah).

Kekurangan vitamin dan nutrisi

Kadar vitamin D, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat yang rendah dapat meningkatkan risiko demensia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler