fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jenis Teh Yang Menyehatkan Tubuh

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Teh merupakan salah satu produk minuman yang banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Khasiat antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Teh memiliki manfaat lainnya, terlebih jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Banyak sekali jenis teh di dunia, namun hanya beberapa jenis teh yang mudah Anda temukan. Berikut adalah tujuh jenis teh yang bisa Anda coba di rumah.

Teh Hijau

Teh hijau telah digunakan sebagai obat sejak ratusan tahun, khususnya di wilayah Asia. Khasiat yang didapat saat mengonsumsi teh hijau sangat beragam, mulai dari menurunkan tekanan darah, alergi, kembung, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Manfaat yang dimiliki teh hijau disebabkan oleh kandungan antioksidan dan polifenol yang tinggi karena pengolahannya yang tidak melibatkan proses fermentasi. Namun, karena pengolahan seperti ini, teh hijau masih memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Jika Anda tidak kuat dengan kafein, sebaiknya konsumsi teh hijau satu cangkir per hari. Tapi, jika Anda tidak bermasalah dengan kafein, disarankan untuk meminum teh ini dua hingga 5 cangkir sehari. Dan untuk yang ingin mengurangi berat badan dengan teh hijau, silakan baca artikel Cara Minum Teh Hijau untuk Diet ini.

Teh Kamomil

Teh yang satu ini menggunakan bunga kamomil sebagai bahan dasarnya. Kamomil mengandung flavonoid. Zat ini sayangnya memiliki beberapa efek samping untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda ingin mencoba teh kamomil ini, cobalah untuk mengonsumsinya dalam takaran yang sedikit dulu. Banyak penelitian yang menyatakan berbagai khasiat dari minum teh kamomil ini. Penelitian di tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi teh ini secara rutin selama 1 bulan dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan mengurangi tingkat stres yang memicu rasa sakit saat menstruasi. Selain itu, teh kamomil juga dapat mengurangi tingkat gula darah berlebih, memperlambat dan mencegah osteoporosis, mengurangi peradangan, hingga mencegah kanker. Jika Anda sulit tidur, teh kamomil juga dapat membuat Anda lebih rileks dan mudah tidur.

Berita Lainnya  Tujuh Tanaman yang Dapat Mempercantik Pagar Rumah 

Teh Peppermint

Teh peppermint adalah teh yang dibuat dari daun peppermint dan telah dimanfaatkan untuk pengobatan. Dengan rasa mint yang khas, teh ini menjadi salah satu jenis teh yang paling populer di dunia. Selain rasanya yang menyejukkan, daun peppermint ternyata memiliki berbagai manfaat juga untuk kesehatan. Teh peppermint dapat membantu menghilangkan sakit kepala, migrain, dan penyakit lainnya yang terpicu oleh stres. Selain itu, daun peppermint juga dapat melegakan saluran pernapasan dan menyembuhkan pilek. Untuk Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, daun ini juga dapat mengontrol nafsu makan.

Teh Hibiscus

Teh hibiscus atau biasa dikenal dengan teh rosela adalah teh yang memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Salah satu khasiat dari teh yang satu ini adalah menurunkan kadar gula darah. Jadi, teh ini sangat baik untuk pengidap diabetes. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh ini terlalu banyak. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa konsumsi teh hibiscus yang terlalu banyak akan beresiko menyebabkan gagal ginjal. Jika Anda sedang dalam perawatan, sebaiknya Anda informasikan saat mengonsumsi teh ini karena efek sampingnya yang dapat memengaruhi efek obat obatan.

Berita Lainnya  Unik, di Alun-Alun Wonosari Ada Lomba Adu Sound dan Audio

Teh Oolong

Teh oolong memiliki bermacam-macam manfaat, seperti untuk menurunkan berat badan, mengobati diabetes tipe 2, mencegah kanker, bahkan membantu meningkatkan kualitas tulang, otak, dan juga kesehatan. Teh oolong mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti kalsium dan karoti. Teh ini juga mengandung kafein yang cukup tinggi. Konsumsi berlebihan dapat memengaruhi sistem saraf Anda.

Teh Chai

Chai diambil dari bahasa Hindi yang berarti “teh”. Tapi, untuk minuman yang satu ini, chai berarti beragam rempah yang disatukan dalam minuman teh. Setiap daerah memiliki resep yang berbeda untuk teh chai mereka. Namun, bahan dasar yang digunakan untuk secangkir teh chai tradisional antara lain kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, dan andaliman.

Teh Hitam

Teh hitam telah terbukti dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan mulut, mempercepat proses penurunan berat badan, dan bahkan menurunkan tingkat stres. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, teh hitam ini juga dapat membantu Anda menyembuhkannya. Teh hitam dapat dinikmati dengan madu dan lemon. Kedua bahan tambahan ini juga dapat menambah khasiat dari teh hitam. Teh hitam dengan kombinasi lemon merupakan minuman bebas kalori yang dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sedangkan madu dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan radikal bebas.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler