fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membeli Pakaian Preloved di Thrift Shop

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Mencari barang preloved di thrift shop butuh kejelian! Untuk mendapatkan barang yang berkualitas di thrift shop alias toko pakaian second bakal cukup sulit, lho, apalagi buat Anda yang baru pertama kali baru berbelanja di tempat ini. Oleh karena itu, penting banget bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips agar tidak asal dan menyesal saat membeli pakaian second. Penasaran seperti apa? Dilansir dari rukita, yuk, simak!

Beli yang Sudah Currated Saja

Bisa dibilang dengan tips yang satu ini Anda sudah bisa langsung berbelanja pakaian second alias thrifting dengan mudah dan langsung mendapatkan barang berkualitas. Yap, Anda cukup membeli pakaian yang diincar di toko-toko pakaian second dengan barang yang sudah dikurasi. Toko pakaian second alias thrift shop seperti ini sendiri sudah cukup menjamur di mana-mana. Buat Anda yang belum tahu di mana, nih, silakan mencarinya lewat beberapa akun media sosial milik influencer di bidang thrifting atau akun media fashion saat ini. Memang, sih, harganya sedikit lebih mahal dibanding toko pakaian bekas biasa, namun tetap lebih murah daripada pakaian baru. Bahkan di sini biasanya barang yang dijual, tuh, sudah dijamin bersih, bermerek, dan pastinya layak pakai karena kualitasnya nggak jauh berbeda dari barang baru.

Paling Penting Kualitas

Kualitas jadi hal utama yang harus Anda perhatikan kalau membeli pakaian bekas. Memang, sih, kualitas pakaian bekas tidak akan sebaik pakaian baru, namun kalau Anda membeli pakaian bekas dengan kualitas yang asal, kan, sayang banget? Anda wajib banget, nih, teliti dalam membeli baju bekas,dan kalau sebisa mungkin pilih baju dengan kondisi masih layak pakai. Sebaiknya, sih, Anda datang langsung ke toko saat berbelanja pakaian second. Dengan begitu Anda bisa melihat dan memeriksa kualitas pakaian secara lebih detail. Namun, jika harus berbelanja online seperti di masa pandemi Covid-19 seperti ini, ya, sebaiknya selalu cek terlebih dahulu review dari pelanggan sebelum membelinya.

Ukuran Pakaian Dari Setiap Negara Berbeda

Umumnya, sih, pakaian second yang dijual di toko atau thrift shop merupakan pakaian yang dikirim dari luar negeri seperti China, Jepang, Australia, hingga Amerika Serikat. Nah, karena itulah, biasanya ukuran pakaian yang dijual jadi nggak sama dengan yang biasa Anda gunakan. Contohnya, nih, kalau biasanya Anda menggunakan pakaian berukuran L, maka saat membeli pakaian dari Jepang dengan ukuran sama pasti tidak muat. Ya, tiap negara memiliki ukuran pakaian standarnya masing-masing. Contohnya, kaos buatan Amerika Serikat pasti akan lebih besar dua ukuran dari standar Indonesia, atau celana dari Jepang pasti akan lebih kecil dua nomor dari standar Indonesia. Oleh karena itu, penting banget untuk lebih teliti soal dari mana asal pakaian yang Anda beli itu!

Sedikit Reparasi Atau Permak Bukan Masalah

Bukan hal yang aneh, kok, jika pakaian second di thrift shop biasanya memiliki kecacatan minor atau kerusakan kecil. Selama berbagai kekurangan tadi masih bisa direparasi atau dipermak lewat jasa tukang jahit, sih, bukan masalah besar! Namun, tentunya hal ini akan berbeda jika pakaian yang Anda beli benar-benar dalam kondisi rusak parah. Intinya, nih, Anda harus teliti dalam memilih pakaian mana yang kira-kira masih layak untuk dipakai atau bisa diperbaiki. Batasi kerusakan atau kecacatan pakaian bekas yang Anda pilih hanya di bagian ritsleting, bagian kantong bolong, kancing lepas, serta permak ukuran dan panjang, ya. Jangan sampai menggampangkan kerusakan yang pada akhirnya malah jadi tidak terpakai kalau tidak bisa diperbaiki!

Jangan Tertipu Noda Pakaian

Sudah bukan hal aneh lagi sebenarnya, tuh, kalau Anda menemukan pakaian bernoda yang dijual di toko pakaian bekas alias thrift shop. Terkadang noda tersebut membuat pakaian yang Anda inginkan jadi terlihat tidak bisa dipakai. Namun, sebenarnya belum tentu, lho. Sebelum berbelanja di toko pakaian bekas atau thrift shop, penting banget untuk Anda mengetahui jenis-jenis noda pakaian dan jenis bahan dari pakaian. Pasalnya untuk pakaian tertentu, bahkan noda yang terkesan tidak bisa hilang, sebenarnya masih bisa dibersihkan dengan mudah! Saat ini alat-alat pembersih pakaian juga semakin banyak jenisnya dan ampuh untuk membersihkan noda yang sangat membandel sekali pun. Makanya, jangan sampai tertipu oleh noda.

Merek Bukan Segalanya

Nggak salah, sih, kalau Anda mau mengincar pakaian-pakaian bermerek saat berbelanja di thrift shop. Namun, saat berbelanja pakaian second, tuh, merek bukan segalanya. Sebenarnya ada banyak barang-barang yang kualitasnya nggak kalah dengan model keren yang bisa Anda temukan di thrift shop meski bukan berasal dari merek-merek terkenal. Sekali lagi, nih, pahami kalau pakaian second yang Anda beli harus bisa dipakai. Nah, daripada memusingkan merek, lebih baik Anda pelajari dulu gaya yang mau Anda coba dengan pakaian second pilihan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler