fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Menu Sarapan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Alasan utama banyak orang memutuskan untuk tidak sarapan karena waktu yang tidak cukup sehingga tak sempat mempersiapkan sarapan pagi. Alternatif lainnya adalah banyak orang tetap sarapan namun memilih makanan yang salah. Alih-aling ingin praktis, banyak orang salah melilih menu sarapan. Dilansir dari huffingtonpost.com, makanan yang kurang cocok untuk dimakan saat sarapan pagi tidak akan memberikan energi maksimal yang dibutuhkan manusia untuk beraktivitas seharian. Untuk itu cobalah untuk tetap sarapan pagi namun dengan menu sarapan yang sehat dan tepat. Berikut adalah jenis makanan yang tidak disarankan untuk Anda makan saat sarapan.

Donat

Selain mengandung gula, karbohidrat dan lemak tinggi, menjadikan donat sebagai hidangan yang paling harus dihindari saat sarapan. Daripada menyantap donat sebagai menu sarapan, sebaiknya ganti dengan segenggam kacang atau telur rebus.

Daging Olahan

Berita Lainnya  Tips Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Menurut ahli jantung Joel Kahn MD dalam The Holistic Heart Book, peneliti Harvard telah menemukan bahwa setiap 1,8 ons daging olahan yang dimakan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 42 persen. Jadi, jangan lagi menjadikan daging olahan sebagai makanan sarapan. Boleh saja mengonsumsi daging olahan sebagai pelengkap, namun bukan sebagai makanan utama.

Pancake

Menu makanan ini disebut-sebut menjadi menu favorit sarapan. Selain praktis dalam penyajian, rasanya  pun manis dan teksturnya empuk. Banyak orang yang merasa ketagihan dengan makanan ini. Namun, jika makanan ini ditambahkan topping semisal sirup dan selai buah, perlu diwaspadai. Sebab topping tambahan itu mengandung banyak glukosa buatan. Bahan makanan ini bisa memicu diabetes tipe 2. Mungkin kalau pancake tanpa toping akan tidak masalah.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Menonton Film

Yogurt   

Yogurt rendah lemak dengan tambahan banyak buah terdengar menyehatkan untuk menu sarapan. Faktanya menu praktis ini dipenuhi gula sederhana yang mudah dibakar tubuh untuk hasilkan energi. Namun, yogurt kurang mengandung lemak sehingga cepat timbulkan rasa lapar. Pakar kesehatan merekomendasikan pilih greek yogurt dengan topping buah berry. Tambahkan serat juga dari pemakaian oat atau kacang-kacangan.

Burger

menu sarapan yang dihindari

Burger memang cukup mampu untuk mengganjal perut hingga makan siang nanti. Namun, memilih burger untuk sarapan pagi juga adalah pilihan yang buruk. Apalagi burger itu termasuk makanan cepat saji yang banyak memberikan efek samping di kemudian hari. Burger bisa dibilang praktis karena bisa dimakan di tengah perjalanan menuju kantor atau sekolah. Namun, dalam burger sendiri mengandung bahan pengawet dan kandungan saus pada burger memicu virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi Kandungan tinggi asam amino pada sayuran mentah dapat menyebabkan mulas, sakit perut, dan kembung.

Berita Lainnya  Tips Merawat Kulit Kering

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler