fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Menenangkan Bayi Rewel Di Malam Hari

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Sebagai orang tua baru, Anda harus siap terhadap risiko begadang di malam hari. Namun, begadang kali ini bukan karena nonton sepak bola atau sekadar kumpul bersama teman-teman, tetapi karena mengurus bayi yang bisa saja tiba-tiba rewel di malam hari. Bayi rewel di malam hari bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari lapar, kedinginan, buang air, atau memang karena terbangun saja. Nah, sudah menjadi tugas Anda untuk menenangkan si kecil yang rewel di saat semua orang sedang terlelap tidur. Yuk, simak!

Cek Popok Bayi

Penyebab utama bayi yang terbangun dan rewel saat malam adalah buang air kecil atau besar. Cek dulu popok si kecil ketika ia menangis. Pasalnya, popok yang basah karena air seni atau feses menyebabkan kulit bayi jadi tidak nyaman sehingga ia pun menjadi rewel. Jika terbukti si kecil rewel karena buang air kecil atau besar, segera buka popoknya, bersihkan kulit di sekitar anus maupun alat kelaminnya, dan pakaikan popok bersih. Apabila si bayi sudah merasa nyaman setelah popoknya diganti, ia akan kembali terlelap dengan nyenyak.

Berita Lainnya  Syawalan Trah Rekatkan Balung Pisah

Berikan ASI atau Susu Formula

Selain buang air, faktor utama yang menyebabkan bayi rewel saat larut malam adalah lapar. Bayi belum memiliki kemampuan untuk mengatur jam makan seperti anak-anak atau orang dewasa. Ketika ia merasa lapar, ia akan menangis sejadi-jadinya. Cobalah untuk memberikan ASI atau susu formula saat bayi rewel di malam hari. Pada umumnya, siklus menyusui bayi adalah setiap 2-3 jam sekali sehingga sangat wajar jika bayi akan terbangun pada tengah malam atau dini hari. Bayi akan kembali tenang dan tertidur kembali setelah ia merasa kenyang minum ASI atau susu formula yang Anda berikan.

Ganti Pakaian Bayi

Sama seperti orang dewasa, bayi akan merasa kurang nyaman ketika tubuhnya basah oleh keringat atau justru kedinginan karena pakaiannya terlalu terbuka. Namun, mengingat bayi belum bisa bicara untuk mengatakan ketidaknyamanannya, maka cara yang ia lakukan adalah menangis. Ketika cuaca panas, bayi lebih mudah berkeringat sehingga pakaiannya basah. Sebaiknya segera ganti pakaiannya dengan baju tipis dan nyaman agar ia tak lagi berkeringat. Akan tetapi, ketika cuaca dingin dan pakaiannya terlalu tipis atau terbuka, pertimbangkan untuk memakaikan baju hangat atau dibedong agar bayi tidak kedinginan.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Oleskan Minyak Telon

Bayi rewel di malam hari bisa disebabkan oleh kolik. Ini merupakan suatu kondisi di mana banyak gas yang tertahan di dalam perut bayi. Bisa dibilang kolik ini sejenis kembung yang pasti akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Bayi yang mengalami kolik bisa menangis dalam jangka waktu lama. Bahkan, ada bayi yang menangis selama 3 jam karena kolik. Solusi untuk membuat perut bayi jadi lebih nyaman adalah mengoleskan minyak telon. Kehangatan dari minyak telon akan mengurangi rasa tidak nyaman di area perut. Minyak telon bukan hanya untuk meredakan gejala kolik saja. Anda tetap bisa mengoleskan minyak telon ke perut bayi saat cuaca dingin agar si kecil merasa hangat.

Sesuaikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan kamar tidur bayi sebaiknya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Jadi, apabila Anda suka berada di ruangan dengan suhu AC  sangat rendah, sebaiknya naikkan suhu AC agar si kecil tidak kedinginan. Namun, ketika suhu ruangan sangat panas, pasanglah pendingin untuk menyejukkan ruangan. Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya, bayi bisa rewel karena merasa kepanasan atau kedinginan. Anda harus menyesuaikan suhu ruangan agar lebih bisa diterima oleh tubuh si bayi. Apabila si kecil merasa bahwa suhu udara di sekitarnya sudah nyaman bagi tubuhnya, ia akan kembali tidur dengan nyenyak.

Berita Lainnya  Enam Bunga Berukuran Besar di Dunia

Gendong Bayi

Percayalah, cara terampuh ketika bayi rewel bukan karena lapar atau buang air adalah menggendongnya. Bayi yang belum mengantuk atau merasa tidak nyaman dengan tempat tidurnya akan menangis terus menerus jika dibaringkan di atas tempat tidur. Oleh karena itu, gendonglah selama beberapa saat sampai bayi tenang dan tertidur. Gendonglah bayi Anda sesuai dengan kenyamanannya. Misalnya, ada bayi yang lebih cepat tertidur jika digendong sambil ditepuk pantatnya atau diayun-ayunkan secara perlahan.

Beri Dekapan Hangat

Apabila dengan menggendong saja tak cukup untuk menenangkan bayi yang rewel di malam hari, cobalah memberi dekapan hangat. Dekapan dari orang tua akan membangkitkan perasaan aman pada diri si bayi sehingga ia dapat tertidur dengan pulas.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler