fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Dong Quai bagi Kesehatan Wanita

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Dong quai atau ginseng untuk wanita, tumbuhan ini memiliki batang keunguan dengan bunga kecil berkelompok berwarna putih dan harum. Dong quai merupakan salah satu andalan dalam Pengobatan Tradisional Cina. Masih termasuk dalam famili seledri, akar dong quai mengandung lebih dari 70 senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi, anti kanker, antioksidan, pelindung jantung, dan efek pelindung saraf.  Selain penggunaan tradisional selama ratusan tahun, berbagai penelitian lambat laun mengkonfirmasi berbagai khasiat dong quai. Nah, berikut ini manfaat ginseng asli Cina ersebut.

Dong Quai Mengatasi Inflamasi

Penyebab umum berbagai macam kondisi dan penyakit dari asma, eksim hingga demensia dan kanker adalah peradangan kronis. Bahkan tanda-tanda penuaan fisik juga berakar pada peradangan. Dikombinasikan dengan Sophora flavescens, herbal Asia lainnya, dong quai memiliki dampak besar pada beberapa enzim pro-inflamasi.

Dong Quai Memperkuat Tulang

Seiring bertambahnya usia, komposisi dan struktur tulang secara bertahap dan semakin menurun. Saat berusia muda, tulang terus-menerus beregenerasi, proses yang disebut remodelling, yang mengganti tulang lama dengan tulang baru. Seiring waktu, kondisi ini akan mengarah pada perkembangan osteoporosis, penyakit yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan meningkatkan risiko patah tulang.

Dong Quai Meringankan Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik didefinisikan sebagai sekelompok kondisi yang meliputi tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan kelebihan lemak di sekitar perut. Ketika faktor-faktor sindrom metabolik ini terjadi bersamaan, risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes akan meningkat. Herbal ini juga membantu mengurangi berat badan, menurunkan kolesterol, serta memperbaiki jaringan hati dan pankreas yang rusak.

Dong Quai Bersifat Gastroprotective

Saluran pencernaan manusia dilapisi oleh lendir yang melindungi dari asam yang diproduksi lambung. Ketika volume asam lambung meningkat atau ketika lapisan mukosa berkurang, kondisi ini akan mengarah ke peradangan kronis di saluran pencernaan. Jika tidak ditangani, luka kecil di perut dan usus kecil akan membesar yang dikenal sebagai tukak lambung.

Dong Quai Sebagai Pengobatan Stroke Iskemik

Stroke iskemik disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.  Interupsi aliran darah yang berlangsung lebih dari beberapa menit akan menyebabkan kematian sel-sel otak. Kondisi ini tidak dapat dipulihkan yang menyebabkan gangguan signifikan dalam penglihatan, bicara, dan gerakan tubuh. Untuk diketahui, mengalami stroke pertama akan meningkatkan kemungkinan mengalami stroke kedua sebesar 23%. Herbal ini mampu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan melebarkan pembuluh darah.

Dong Quai Sebagai Anti-Depresi

Dong quai memiliki kemampuan meringankan gejala depresi, menurut penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2016. Memanfaatkan model stres ringan kronis yang tidak dapat diprediksi pada tikus untuk menginduksi depresi selama lima minggu, peneliti kemudian memberi makan hewan tersebut dengan ekstrak dong quai yang diencerkan. Dong quai memiliki efek positif pada perilaku tikus yang menunjukkan lebih banyak mobilitas dan rasa ingin tahu dibandingkan dengan keadaan semula saat stres.

Dong Quai Memiliki Sifat Anti-Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan dong quai memiliki efek anti-tumor pada sel kanker manusia. Herbal ini menunjukkan kemampuan menekan pertumbuhan sel tumor otak ganas tanpa merusak jaringan sehat di sekitarnya, menurut sebuah studi tahun 2005. Dong quai juga memiliki efek yang sama pada kanker serviks, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler