fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Buah Cherry

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Buah mungil yang umumnya berbentuk bulat hati ini biasanya kita temukan sebagai hiasan kue tart atau minuman jus. Selain rasanya yang enak, buah cherry juga sangat baik untuk Anda. Buah mungil yang umumnya berwarna merah ini mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kita. Ada banyak alasan lain mengapa buah cherry harus dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Intip apa saja manfaat tersembunyi dari buah cherry.

Mempercepat Pemulihan Setelah Olahraga

Telah banyak penelitian bertahun-tahun tentang buah cherry yang memainkan peran dalam pemulihan setelah berolahraga. Penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa minum jus asam cherry selama tujuh hari sebelum dan selama lari dapat meminimalkan nyeri otot pasca lari. Studi lainnya menemukan bahwa jus cherry dapat membantu pemulihan dan fungsi otot setelah latihan yang berat. Karena buah cherry mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang mendukung pemulihan otot setelah latihan keras.

Mengurangi Peradangan

Peradangan secara luas dianggap sebagai salah satu ancaman utama bagi kesehatan Anda. Karena dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit kronis. Kandungan antioksidan seperti vitamin C dan E serta karotenoid dan polifenol dalam buah cherry dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu menetralkan peradangan dalam tubuh. Tidak hanya itu, faktanya diet makanan yang kaya akan polifenol dapat melindungi Anda dari banyak kondisi kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, penurunan mental, dan kanker tertentu.

Berita Lainnya  Sembilan Makanan yang Tinggi Vitamin B

Mengurangi Tekanan Darah

Buah cherry mengandung jumlah kalium yang baik sehingga membantu menghilangkan kandungan natrium berlebih dari tubuh dan menyeimbangkan jumlah keduanya. Itu berarti secara otomatis membantu menjaga tingkat tekanan darah. Dalam ulasan pada 29 studi tentang manfaat cherry, peneliti menemukan bahwa buah cherry menurunkan kadar HbA1c pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Selain itu, kandungan polifenol yang tinggi pada buah cherry juga membuatnya membantu mengurangi tekanan darah.

Meningkatkan Memori Otak

Buah cherry mengandung antosianin yang baik yang dapat membantu meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, antosianin juga dapat mencegah penyakit alzheimer atau penyakit kehilangan memori. Polifenol juga membantu kita memproses informasi baru secara efektif dan meningkatkan komunikasi antara otak kita dan seluruh tubuh. Selain itu, buah cherry juga adalah sumber makanan serotonin yang merupakan hormon untuk mengatur suasana hati dan kecemasan.

Menurunkan Risiko Asam Urat

Berita Lainnya  Resep Kue Sus Vanila

Terdapat beberapa penelitian tentang efek minum jus cherry terhadap asam urat. Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cherry dan jus cherry selama dua hari dikaitkan dengan serangan asam urat yang lebih rendah. Sedangkan penelitian lain menyatakan bahwa mengonsumsi jus cherry setidaknya empat bulan dapat membantu mengurangi serangan asam urat akut.

Anti Penuaan

Buah cherry diberkahi dengan tingkat anti-oksidan tertinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Sehingga buah ini membantu memperlambat proses penuaan dengan melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang membuat kulit terlihat lebih tua. Karena jika radikal bebas tidak dilawan akan membuat kulit terlihat kusam. Selain itu buah cherry juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam dari kulit yang dapat muncul akibat sinar matahari. Untuk menghilangkan penuaan, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa buah cherry dan campur dengan sejumput kunyit serta satu sendok teh madu. Oleskan pasta tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 – 15 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Berita Lainnya  Enam Masakan yang Biasa Disajikan saat Idul Adha

Meningkatkan Kualitas Tidur

Fakta mengesankan lainnya dari buah cherry adalah dapat membantu Anda memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Buah cherry mengandung melatonin yaitu hormon yang dikeluarkan tubuh di malam hari yang membantu Anda tertidur. Penelitian dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa jus cherry bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur. Yang berarti bermanfaat bagi orang yang memiliki gangguan tidur atau sulit tidur. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum jus cherry pada pagi hari dan  sebelum tidur dapat menghemat sekitar 17 menit waktu bangun. Karena tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan. Jika Anda tidur nyenyak, pada akhirnya akan menghasilkan kulit yang cerah dan bercahaya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler