fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Luar Biasa dari Bunga Lily

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Hadir dengan warna putih, kuning, merah dan jingga yang cantik, bunga ini sering dijadikan simbol pengabdian dan cinta di ajang pesta pernikahan. Kecantikannya memang tidak diragukan lagi, tetapi tahukah kalau bunga lili juga punya serangkaian manfaat yang baik untuk kesehatan? Yuk, simak!

Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk urusan kesehatan kardiovaskular, bunga lili boleh dibilang juaranya. Dari macam-macam bunga hias, si cantik ini punya kemampuan untuk meregulasi detak jantung sehingga peraliran darah dalam tubuh menjadi lebih efisien dan teratur. Cara kerja bunga lili adalah meminimalisir gangguan pada jaringan otot jantung tanpa memicu kenaikan kadar oksigen. Ini semua berkat kandungan aktif glikosida dan flavonoid yang baik untuk stimulasi peredaran darah sehingga tidak rentan tersumbat.

Merawat Luka Bakar

Manfaat ganda dari bunga lili terhadap luka bakar akibat memasak ataupun terkena api kebakaran adalah membantu penyembuhan dan juga mencegah pembentukan luka baru. Kandungannya mampu memulihkan kondisi kulit sehingga terlihat mulus kembali. Sering kali, akar bunga lili diolah menjadi salep kulit yang bisa dioleskan demi proses kesembuhan yang semakin cepat.

Membantu Penyembuhan Tumor & Luka Terbuka

Berita Lainnya  Tujuh Hidangan Dari Bahan Labu Kuning

Kelopak bunga lili yang segar ataupun dikeringkan ternyata efektif untuk penyembuhan luka terbuka. seperti sariawan atau luka lambung, dan radang. Kaya akan kandungan astringent dan efek menenangkan, jenis bunga hias ini bisa membantu pengecilan luka terbuka sehingga dianjurkan untuk proses penyembuhan yang kian efektif. Dalam dunia pengobatan herbal, bunga lili juga bisa diletakkan di atas tumor yang keras. Pada beberapa kasus, efek melunakkan bunga ini dapat dirasakan dalam waktu yang tergolong singkat.

Mengobati Keluhan atau Penyakit Mata

Bunga lili dikenal ampuh sebagai salah satu obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit mata seperti mata sensitif dan conjunctivitis alias radang mata. Saat membaca kandungan obat tetes mata, perhatikan apabila terdapat ekstrak lili dalamnya. Kandungan bunga lili dalam obat tetes, baik dalam versi herbal maupun tradisional, diyakini bermanfaat untuk mengempeskan atau mengecilkan bengkak sekaligus membuat mata lebih nyaman.

Melancarkan Peredaran Darah

Apakah kamu termasuk pecinta teh? Pernahkah mencoba racikan teh dengan campuran bunga lili? Minuman yang wangi dan sedap ini bukan cuma ampuh memberikan efek relaksasi, tetapi juga bisa melancarkan peredaran darah. Bunga lili tergolong cukup efektif untuk membantu proses pembersihan siklus darah dan purifikasi peredaran darah.

Berita Lainnya  Lima Sayur Hidroponik yang Bisa Ditanam di Rumah

Baik untuk Kesehatan Mental

Penampilan bunga lili yang cantik juga ditemani dengan aroma yang punya unsur terapi. Jika punya keluhan susah tidur atau insomnia, kecemasan atau bawaan tidak tenang, coba pakai beberapa tetes minyak esensial atau aromaterapi dari bunga lili. Bahkan untuk kasus depresi dan membantu mendatangkan perasaan senang, wangi manis yang menenangkan dari bunga lili juga ampuh. Tak heran, parfum dari ekstrak lili sering ditemukan di pasaran.

Obat untuk Serangkaian Penyakit Lain

Tidak habis-habisnya manfaat bunga lili, termasuk untuk penyakit lain seperti untuk ibu melahirkan dengan keluhan kontraksi lemah. Penyakit seperti leprosi, stroke, hingga angina juga bisa mendapatkan efek positif dari penggunaan bunga lili secara tepat sebagai obat herbal. Bagi yang punya masalah kerontokan rambut, shampo atau tonik bunga lili bisa dicoba untuk mengatasinya. Oleskan juga di bagian alis agar rambut terlihat tebal. Terakhir, atasi juga masalah tenggorokan kering, batuk ringan atau masalah detak jantung tak normal dengan konsumsi secangkir teh bunga lili secara teratur.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler