fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Penyebab Sakit Kepala pada Anak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami sakit kepala. Penyebabnya pun beragam, mulai dari hal-hal kecil, seperti kurang tidur, hingga hal yang serius, seperti gangguan di organ otak. Berikut adalah beberapa penyebab sakit kepala yang umum terjadi pada anak dilansir dari alodokter.com.

Merasa Tertekan Di Rumah Atau Sekolah

Perasaan stres dan cemas bisa menjadi penyebab timbulnya sakit kepala pada anak. Perasaan ini bisa saja muncul ketika anak memiliki masalah dengan temannya, misalnya berkelahi atau menjadi korban bullying. Selain itu, masalah dengan guru, masalah dengan orang tua, atau nilai ujian yang tidak memuaskan bisa turut menjadi pemicunya.

Kurang Tidur Atau Jadwal Tidur Tidak Teratur

Saat anak tidur, tubuhnya akan mendapatkan waktu untuk beristirahat, memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak, serta mengoptimalkan proses tumbuh kembang. Jika anak kurang tidur, seluruh proses tersebut akan terganggu. Tubuh anak juga akan memproduksi protein pemicu rasa sakit yang dapat menimbulkan sakit kepala. Jadi, bila Si Kecil kurang tidur dan ia mengeluh sakit kepala, biarkan ia beristirahat atau tidur sejenak, dan atur agar ia dapat tidur lebih awal di malam harinya. Setelah Si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup, sakit kepalanya pun akan segera mereda.

Berita Lainnya  Datangkan Alat Canggih Senilai Ratusan Juta, Maduga Bordir Hasilkan Produk Yang Murah Tapi Sempurna

Kelaparan Atau Dehidrasi

Mungkin Bunda tidak terpikir bahwa kelaparan dan dehidrasi bisa menyebabkan anak sakit kepala. Padahal, ini justru yang sering terjadi, lho. Anak-anak membutuhkan setidaknya 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan, serta 1-2 liter air putih per harinya, tergantung usia anak. Saat lapar atau dehidrasi, pembuluh darah bisa menegang dan menyempit, termasuk pembuluh darah di kepala. Hal ini bisa menimbulkan keluhan sakit kepala. Itulah sebabnya, jika Si Kecil melewatkan waktu makan atau kurang minum, ia bisa saja mengalami sakit kepala.

Cedera Kepala

Anak-anak yang aktif bergerak bisa saja terjatuh atau terbentur, sehingga menyebabkan cedera di kepalanya, seperti benjol atau memar. Cedera di kepala juga bisa menyebabkan anak sakit kepala. Nah, bila Si Kecil mengeluh sakit kepala setelah terjatuh dan terbentur sangat keras, sebaiknya Bunda segera membawanya ke dokter untuk diperiksa. Bila dibiarkan tanpa penanganan, cedera kepala bisa menimbulkan kondisi yang berbahaya, bahkan berakibat fatal.

Berita Lainnya  Hari Belanja Online, Berikut Beberapa Tips Belanja yang Aman

Infeksi

Infeksi ringan, seperti penyakit pilek dan flu, merupakan penyebab sakit kepala anak yang paling umum. Meski begitu, infeksi yang lebih serius, seperti meningitis, juga bisa ditandai dengan sakit kepala. Oleh karena itu, Bunda perlu cermat memerhatikan gejala yang menyertai sakit kepala Si Kecil.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler