fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Tips Si Kecil Terhindar Dari Sembelit

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Si kecil sering sembelit? Sembelit memang masalah yang sering banget terjadi pada pencernaan. Apalagi kalau kita tidak memperhatikan pola kesehatan si kecil. Bisa-bisa si kecil selalu menangis jejeritan karena kesakitan tiap mau buang air besar. Untuk itu, kita sebagai orangtua harus memperhatikan asupan dan pola sehat bagi si kecil. Ini, nih, tips agar si ekcil terhindar dari sembelit. Cekidot yaaaa!

Makan Sayur

Mengkonsumsi sayur memang penting. Karena sayur kaya akan  serat yang mampu melancarkan pencernaan si kecil. Jadi si kecil bisa terhindar dari sembelit.

Makan Buah

Buah sangat bermanfaat untuk kesehatan si kecil. Makan buah membuat si kecil terhindar dari sembelit lho. Beri si kecil camilan berupa buah yang dipotong-potong kecil, agar lebih menarik, Mom!

Berita Lainnya  Lima Film Tentang Dewa Yunani yang Seru Untuk Ditonton

Minum Air Putih Banyak

Berikan si kecil lebih banyak cairan sehingga lebih mudah tinja bergerak ke usus. Berikan air putih sebagai minuman utama. Kalau si kecil sudah sekolah, bawakan dia bekal air putih dalam tempat minum yang lucu. Agar si kecil lebih semangat minum air putihnya.

Mengajari Si Kecil Rutin Ke Toilet

Ajari si kecil untuk ke toilet ketika sudah waktunya buang air besar dan tidak menunda-nunda sehingga sembelit semakin berkembang parah. Hindari memaksanya sehingga membuat si kecil merasa tertekan untuk membiasakan buang air besar secara teratur.

Ajak Berolahraga

Rajin berolahraga dapat membantu peristaltik usus untuk bergerak, ajak bersepeda atau berlari secara teratur. Sekalian ngurusin badan Mom!

Berita Lainnya  Tujuh Topi Klasik Yang Masih Dipakai Pria Hingga Masa Kini

Berikan Jus Buah

Hindari pemberian minuman yang mengandung kafein seperti soda, minuman ringan atau teh yang justru akan membuat si kecil kehilangan banyak cairan saat beraktivitas. Berikan alternatif minuman sehat seperti air atau jus buah

Perhatikan Susu Si Kecil

Susu kerap kali menjadi alasan si kecil sembelit. Entah terlalu kental atau memang tidak cocok dengan perut si kecil bisa menyebabkan sembelit.

Obat Pencahar Alami

Kita dapat membuat obat pencahar alami jika sembelit sudah terjadi. Buah plum, apel, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam dikenal dapat mengobati sembelit secara alami. Senyawa yang terkandung dalam makanan tersebut dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler