fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tanda Tubuh Bertambah Gemuk

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Tubuh bertambah gemuk dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola makan yang tidak seimbang, kebiasaan sehari-hari, dan bahkan penyakit. Namun, ternyata ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa Anda akan segera bertambah gemuk. Dengan mengetahuinya Anda bisa mengantisipasi kapan sebaiknya melakukan diet. Kira-kira apa saja ya? Simak berikut ini!

Tubuh Mudah Merasa Lelah

Jika Anda merasa tubuh Anda lebih mudah lelah daripada biasanya, ada kemungkinan bahwa Anda akan bertambah gemuk. Ini karena lemak yang berlebih akan menyebabkan inflamasi di dalam tubuh sehingga Anda akan merasa lelah. Tidak hanya itu, dilansir dari CBN, tubuh harus bekerja lebih keras untuk membakar lemak dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Energi yang terserap pun lebih banyak.

Berita Lainnya  Enam Minuman Pereda Gejala Asam Lambung

Kaki Terasa Pegal-Pegal

Ketika berat badan bertambah, tanpa sadar kaki pun terasa pegal. Kenapa bisa seperti itu? Ini karena massa tubuh bagian atas naik. Kaki harus membiasakan diri untuk membawa tambahan berat tersebut sehingga Anda merasakan pegal dan persendian pun terasa sakit. Menurut laman The Health Site, kelebihan lemak dapat memberikan tekanan pada sendi dan menyerang jaringan yang ada di seAndarnya.

Sering Merasa Gerah

Memang benar bahwa orang yang memiliki banyak lemak tidak mudah merasa kedinginan. Ini juga bisa menjadi tanda kegemukan, lho. Biasanya ketika lemak tubuh bertambah, Anda akan lebih mudah merasa gerah daripada biasanya. Ternyata hal ini terjadi karena tubuh secara konstan membakar lemak.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Teh Chamomile Bagi Kesehatan

Anda Mendadak Mendengkur Saat Tidur

Percaya atau tidak, mendengkur dan kenaikan berat badan memiliki hubungan kausalitas. Dilansir dari jurnal PubMed Central tahun 2013, kelebihan berat badan dapat membuat seseorang mengalami sleep apnea, yaitu kesulitan bernapas ketika tidur. Ini karena lemak yang menumpuk di area organ pernapasan mengganggu jalur napas dan akhirnya Anda pun mendengkur. Sementara itu, kebiasaan tersebut juga menyebabkan Anda mengalami peningkatan berat badan. Kualitas tidur yang buruk dapat membuat metabolisme tubuh terganggu. Kalori yang seharusnya dibakar akhirnya menumpuk. Tidak hanya itu, gejala kekurangan tidur pun dapat membuat Anda merasa lapar walaupun sebenarnya tidak.

Muncul Stretch Mark Di Bagian Tubuh Tertentu

Berita Lainnya  Mengenal Sompil, Kuliner Khas Gunungkidul Yang Nyaris Hilang

Stretch mark adalah garis-garis timbul yang muncul ketika ada perubahan berat badan yang mendadak. Mereka pada dasarnya adalah luka yang muncul di bagian dermis atau lapisan tengah pada kulit. Dilansir dari The Health Site, lemak yang berlebih dapat menembusnya hingga ke permukaan sehingga kulit Anda melar dan membentuk stretch mark.

Tekanan Darah Meningkat

Naiknya berat badan berarti kadar gula dan kolesterol di dalam darah pun meningkat. Penelitian dari American Heart Association di tahun 2014 mengatakan bahwa peningkatan lemak terutama di bagian perutlah yang menjadi penyebab utamanya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler