fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Mengusir Tawon

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Bagi kebanyakan orang, tawon adalah serangga yang mengerikan. Walaupun termasuk hewan yang bermanfaat untuk perkembangbiakan bunga di pekarangan, pasti Anda tetap tidak mau kan, punya sarang tawon di rumah? Keberadaan tawon di rumah akan membuat penghuni rumah jadi tidak nyaman, apalagi jika sampai disengat tawon. Tidak hanya terasa sakit, tetapi sengatan tawon juga bisa menimbulkan alergi. Oleh karena itu, di bawah ini Kania akan membagikan cara mengusir tawon dari rumah yang tepat dan ampuh. Simak penjelasannya sampai habis, ya!

Cara Mengusir Tawon Menggunakan Minyak Esensial Kombinasi

Menurut hasil riset dari Journal of Pest Management Science, kombinasi dari cengkeh, serai, dan bunga geranium terbukti ampuh sebagai cara mengusir tawon. Racikan minyak esensial dari ketiga macam bahan alami ini hanya perlu dilarutkan dengan sedikit air. Setelah dilarutkan, masukkan ke dalam botol semprot yang praktis. Dengan demikian, Anda bisa langsung menyemprotkannya dengan mudah di area sekitar rumah. Untuk memberikan hasil yang maksimal dari cara mengusir tawon ini, semprotkan secara ekstra pada area yang berpotensi munculnya tawon, seperti pada area bekas sarang tawon atau di dekat jendela.

Berita Lainnya  Lima Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Cara Mengusir Tawon dengan Sabun Cuci Piring dan Air

Jika bahan-bahan membuat racikan minyak esensial di atas sulit dilakukan, coba gunakan cara mengusir tawon yang satu ini. Masih dengan metode yang sama, Anda bisa membuat larutan menggunakan air dan sabun cuci piring. Kedua bahan ini juga sangat disarankan oleh ahli pengusir tawon. Cara membuat larutan ini pun tidak sulit. Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok teh sabun cuci piring dengan air biasa di dalam botol semprot, kemudian aduk sampai merata. Setelah itu, semprotkan ke sarang tawon supaya cairan sabun bisa menghalangi rongga udara pada sarang tersebut. Cara mengusir tawon ini sangat ampuh dan akan menunjukkan hasil secara instan.

Cara Mengusir Tawon dengan Perangkap Tawon DIY

Cara mengusir tawon ini bisa dilakukan dengan membuat perangkap tawon DIY menggunakan beberapa botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai. Selain bermanfaat menangkap tawon, cara mengusir tawon ini juga bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah. Pembuatan perangkap tawon DIY ini pun hanya memerlukan waktu yang singkat. Pertama-tama, siapkan beberapa botol plastik kosong, lalu tekuk bagian bawahnya supaya masuk ke arah dalam botol. Anda juga bisa membuat lubang kecil di bagian atas botol untuk memancing tawon masuk ke dalam perangkap tersebut. Jangan lupa untuk mengisi botol tersebut dengan air gula agar tawon tertarik untuk datang dan akhirnya terperangkap.

Berita Lainnya  Enam Kesalahan dalam Memasak Sayur

Cara Mengusir Tawon dengan Memperbaiki Bagian Rumah yang Rusak

Cara mengusir tawon yang satu ini adalah tindakan untuk berjaga-jaga yang layak dipertimbangkan. Bagian rumah yang rusak, seperti adanya rongga pada material kayu bangunan atau retak kecil pada pintu dan jendela dapat menjadi sarang tawon yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa kondisi keseluruhan rumah secara rutin dan perhatikan kerusakan-kerusakan kecil yang berpotensi menjadi kerusakan besar. Jika ada bagian yang rusak, jangan menunda-nunda, segeralah perbaiki agar tidak ada tawon yang bersarang. Selain itu, perhatikan dengan saksama cara mengusir tawon ini, apabila sudah terdapat sarang tawon di antara rongga dinding atau jendela, jangan langsung menutupinya dengan semen atau lem. Hal ini karena biasanya tawon akan  mencari jalan keluar dengan cara menggigit setiap bagian hingga ia mendapat ailiran udara.

Tutup Tempat Pembuangan Sampah sebagai Cara Mengusir Tawon

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Hipnosis Pada Kesehatan Mental

Menjaga rumah tetap bersih dan terurus adalah salah satu cara mengusir tawon yang penting untuk diterapkan. Menurut penelitian, tawon lebih banyak bersarang di bagian depan rumah dengan tempat sampah yang terbuka. Mereka akan mengincar sisa makanan yang membusuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu menutup semua tempat pembuangan sampah, baik di luar maupun dalam rumah. Cara mengusir tawon ini juga sekaligus membuat rumah terhindar dari bau yang tidak sedap.

Cara Mengusir Tawon dengan Membuat Sarang Tawon Palsu

Prinsip dari cara mengusir tawon yang satu ini adalah tawon akan menghindari sarang tawon yang sudah ada sebelumnya. Tawon adalah serangga yang bersifat teritorial jadi mereka akan enggan mendekati rumah yang sudah ada sarang tawonnya. Sarang tawon palsu ini bisa dibuat dengan menggunakan rajutan atau kertas yang diisi lagi dengan gumpalan kertas dan ranting kayu kecil. Gantungkan sarang tawon palsu di bagian luar rumah dekat jendela.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler