fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan  Tips Mengajari Si Kecil Menulis

Diterbitkan

pada

Jogja,(pidjar.com)–Si kecil sudah sekolah? Hmmm, pasti Mom mulai putar otak untuk mengajarinya menulis. Kalau hanya sekedar untuk memperkuat kemampuan motorik halus si kecil, maka kita bisa mengenalkan konsep-konsep dasar menulis kepada si kecil.  Dan perlu diingat, Mom, kita tidak boleh ada unsur kekerasan dalam pengenalan konsep dasar menulis kepada si kecil. Apalagi ngancam-ngancam. Gini, berikut ini adalah beberapa cara dan tips dalam rangka untuk melatih dan mengajari si kecil Mom!

  1. Ajarkan Si Kecil Menulis Secara Bayangan

Untuk langkah pertama ini si kecil dilatih dulu menulis secara bayangan.  Maksudnya adalah si kecil cukup diajarkan untuk menulis secara awang-awang (bahasa jawa).  Misalnya gini, “angka dua itu kaya bebek itu lho..” sambil tangan kita ikut nulis di udara.

  1. Belajar Mencorat-Coret
Berita Lainnya  Tips Mengatasi Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

Siapkan kertas kosong bisa dan biarkan si kecil membentuk pola sesuai dengan kemauannya.  Biarkan si kecil berimajinasi untuk mencorat-coret sesuai kemampuan imajinasi si kecil.

  1. Menebalkan Garis

Sebelum si kecil diajari menulis huruf maka langkah dasarnya selanjutnya adalah mengajari si kecil untuk menebalkan garis secara horisontal maupun vertikal.  Untuk membantunya maka kita bisa membuat garis putus-putus bisa horisontal maupun vertikal dan biarkan si kecil untuk menebalkan garis putus-putus tersebut.

  1. Beri Nilai Bagus Pada Tulisannya

Beri nilai jika si kecil bisa menulis dengan baik.  Bisa kita nilai dengan memberikan bintang atau gambar bulan.

  1. Menebalkan Huruf

Setelah si kecil lancar untuk menebalkan garis maka kita bisa meningkatkan kemampuan si kecil dengan menebalkan huruf.  Untuk langkah praktisnya kita bisa membeli buku yang berisi huruf putus-putus.

  1. Dengan bercerita
Berita Lainnya  Banyak Virus dan Penyakit Yang Bisa Menular ke Manusia, Hewan Piaraan Perlu Perawatan Kesehatan

Kita bisa membacakan Sebuah cerita. Misalnya Snow White. Lalu kita bisa meminta si kecil menuliskan atau menggambarkan sesuatu yang ada dalam cerita tersebut. “Nyonyo, nulis apel itu gimana ya?”

  1. Simulasi pesanan

Saya beberapa kali ke supermarket dan meminta si kecil saya menuliskan pesananya.

  1. Belajar bersama

Ketika si kecil belajar,kita bisa menemaninya. Jadi saat si kecil menulis dengan kebesaran atau kekecilan, kita bisa mengajarinya dengan penuh hati-hati.

Klik untuk Komentar

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler