fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Mengobati Penyakit Asma

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Asma adalah suatu penyakit kronis pada saluran pernapasan yang membuat penderitanya sulit bernapas. Penyakit asma mengganggu saluran napas yang menyebabkan otot saluran napas berkontraksi, menyempit dan menjadi meradang atau memproduksi lendir. Beratnya serangan asma dapat meningkat dengan cepat, sehingga sangat penting untuk mengobati sesegera mungkin. Obat untuk serangan asma adalah inhaler yang bersifat bronkodilator atau melebarkan otot jalan napas. Dikutip dari doktersehat.com, pengobatan asma secara dini dan agresif adalah kunci untuk menghilangkan gejala. Berikut adalah cara mengobati asma yang bisa dilakukan, di antaranya:

Obat Asma

Obat asma dapat bekerja dengan cepat untuk menghentikan batuk dan mengi dengan cara mengencerkan lendir saluran napas dan membuka otot jalan napas. Konsultasi dengan dokter mengenai dosis dan pemakaian obat. Biasanya, obat asma yang diminum ini adalah sebagai “pengontrol gejala” dan tidak digunakan ketika gangguan terjadi.

Berita Lainnya  Resep Lele Bumbu Rica

Inhaler Asma

Inhaler dapat digunakan sendiri di rumah. Penekanan tombol inhaler sebaiknya dilakukan ketika serangan asma dan usai membuang napas. Ketika disemprotkan saat membuang napas, momen selanjutnya adalah ketika penderita menghirup napas sehingga obat justru akan masuk. Jika disemprotkan ketika menarik napas, penekanan tombol bisa saja terlambat dan justru obat malah terbuang.

Nebulizer untuk Asma

Cara mengobati asma berikutnya adalah menggunakan nebulizer. Nebulizer merupakan suatu alat untuk memberikan obat uap ketika seseorang mengalami serangan asma. Alat ini dapat mengubah cairan.

Mengendalikan Pemicu Asma

Apa yang membuat gejala asma timbul? Belajar lebih banyak tentang pemicu asma dapat membantu penderita mengurangi kesempatan mengalami serangan asma. Setiap orang memiliki pemicu yang berbeda, dapat berupa debu, udara dingin, asap rokok, kelelahan, pikiran yang tertekan, makanan seperti seafood, telur, dan lain-lain. Catat apa yang menjadi pemicu sehingga dapat dihindari di kemudian hari.

Pencegahan Asma

Berita Lainnya  Cerita Syuting KKN di Desa Penari di Playen, Sejumlah Orang Sempat Kesurupan

Karena penyebab asma belum diketahui dengan pasti, sulit untuk mengetahui bagaimana seseorang dapat mencegah kondisi peradangan.Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit asma, antara lain:

-Menghindari pemicu. Hindari bahan kimia atau produk beraroma kuat yang menyebabkan masalah pernapasan di masa lalu.

-Mengurangi paparan alergen. Jika Anda telah mengidentifikasi alergen, seperti debu atau jamur, yang memicu serangan asma, hindarilah sebaik mungkin.

-Mendapatkan suntikan alergi. Imunoterapi alergen adalah jenis perawatan yang dapat membantu mengubah sistem kekebalan tubuh. Dengan suntikan rutin, tubuh Anda mungkin menjadi kurang sensitif terhadap pemicu yang Anda temui.

-Minum obat sesuai resep. Hanya karena penyakit asma tampak membaik, jangan mengubah konsumsi obat tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter. Sebaiknya ceritakan obat yang Anda konsumsi setiap kunjungan dokter, sehingga dokter dapat memeriksa ulang apakah Anda menggunakan obat dengan benar dan mengonsumsi dosis yang tepat.

Berita Lainnya  Enam Fakta Tentang Lovebird

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler