fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Lemak Baik yang Sebaiknya Dikonsumsi Tubuh Saat Puasa

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Biasanya makan berlemak menjadi salah satu hal yang dihindari oleh banyak orang terutama wanita. Padahal, tidak selamanya lemak itu buruk. Ada juga makanan yang mengandung lemak baik yang memberi manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit jantung. Apalagi di saat sedang berpuasa. Jadi, apa saja sih makanan berlemak yang baik untuk dikonsumsi itu? Simak yuk!

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak menyehatkan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang tinggi pada zaitun dapat membantu meredakan inflamasi. Anda  bisa menggunakan minyak zaitun ketika memasak atau sebagai dressing salad.

Alpukat

Buah hijau yang satu ini terkenal dengan kandungan lemak baiknya. Selain baik untuk jantung, kandungan lemak dalam alpukat ini juga dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis atau peradangan sendi. Kalau Anda  mengonsumsi alpukat bersamaan dengan makanan lain maka akan membantu penyerapan nutrisi lebih baik.

Kacang-Kacangan

Kacang mengandung lemak, vitamin E, magnesium, serat, dan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang rutin mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat dan memiliki risiko diabetes dan penyakit jantung lebih rendah. Pastikan untuk memilih kacang yang diolah dengan sedikit garam, gula, dan tanpa minyak tambahan. Namun, sebaiknya batasi juga konsumsinya sekitar 30gram per hari.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung berbagai zat mineral yang baik bagi tubuh seperti zat besi, magnesium, mangan, dan tembaga. Selain kaya akan antioksidan, mengonsumsi cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko penyakit jantung dan menangkal dampak buruk sinar matahari.

Keju

Keju mengandung banyak vitamin yakni kalsium, B12, fosform dan selenium. Asam lemak yang terdapat dalam keju juga membantu untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan berfungsi memberikan energi bagi tubuh. Kandungan vitamin serta asam folat yang terdapat dalam terlur juga sangat menyehatkan bagi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan telur sebagai menu sarapan atau pelengkap makanan favorit.

Ikan

Ikan salmon, tuna, dan makarel memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan jantung, omega 3 dan juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi, Anda  bisa masukkan ikan salmon dalam menu makanan  paling tidak dua kali dalam seminggu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler