fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Lima Jenis Gitar

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ada orang yang membeli gitar akustik, padahal niatnya ia mencari gitar listrik. Itulah kenapa Anda perlu tahu dengan benar macam-macam gitar yang ada di pasaran, paling tidak garis besarnya saja. Jadi, ada 3 jenis utama gitar: akustik, listrik, dan bass. Tetapi, ada beberapa variasi penting sehingga bisa diklasifikasikan sebagai jenis gitar yang berbeda sama sekali. Nah, berikut ini lima jenis gitar yang perlu dikenali.

Gitar Akustik

Pertama-tama ada jenis gitar paling populer dan paling mainstream, yaitu gitar akustik. Ini adalah jenis gitar yang paling banyak orang kenal. Gitar akustik memiliki tubuh berongga yang memperkuat suara senar secara akustik. Mereka biasanya terbuat dari kayu, memiliki enam senar dan terlihat seperti gambar di atas. Sebenarnya kita tidak bisa mengategorikan gitar akustik dari bentuknya, karena body gitar akustik bisa berbeda-beda, begitu pula dengan ukurannya. Beberapa akustik berbentuk simetris (seperti yang ada pada gambar di atas), tapi yang lain bisa saja ada ‘cut-away’-nya yang berarti ada bagian body gitar yang dipotong untuk memungkinkan akses mudah ke fret yang lebih tinggi.

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Gitar Elektro-Akustik

Electro-acoustic guitar adalah gitar akustik yang memiliki ‘pick-up’ (semacam mikrofon) yang terpasang di dalamnya, sehingga mereka dapat dihubungkan ke amplifier atau sistem PA. Ini adalah cara menghubungkan gitar akustik dengan ampli untuk membuat suaranya lebih keras. Gitar ini ideal jika Anda ingin melakukan pertunjukan langsung. Soalnya, dengan gitar akustik elektro, Anda tidak perlu repot-repot meletakkan mikrofon di depan gitar Anda.

Gitar Semi-Akustik

Selanjutnya, ada gitar semi-akustik yang kadang disebut juga gitar listrik berlubang. Gitar ini adalah ‘jalan tengah’ antara gitar akustik dan gitar listrik. Mereka tipis dan kompak seperti gitar listrik, tetapi memiliki tubuh berongga seperti gitar akustik. Karena gitar ini tipis dan ringkas, mereka tidak akan menghasilkan suara yang cukup keras ketika dicabut listriknya sebagai gitar akustik biasa.

Gitar Elektrik

Berbeda dengan gitar-gitar sebelumnya, gitar ini memiliki tubuh yang solid. Dan, dengan demikian, menghasilkan sangat sedikit suara kecuali mereka dicolokkan ke amplifier. Jika Anda ingin bermain gitar listrik, maka Anda akan memerlukan amp. Seperti halnya gitar akustik, gitar listrik biasanya terbuat dari kayu dan biasanya memiliki enam senar, walaupun ada dua belas versi string yang tersedia. Lalu, gitar elektrik juga datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Memberikan Bedtime Stories Kepada Anak

Gitar Bass

Zaman dahulu, bass memiliki bentuk yang besar dan bahkan double dari gitar pada umumnya. Tapi, kini, banyak gitar bas yang ukurannya lebih compact sehingga portabel dan ringan dibawa. Tidak seperti gitar biasa, gitar bass biasanya hanya memiliki empat senar, dan ukuran senarnya itu besar serta tebal yang menghasilkan suara yang dalam dan rendah. Beberapa bass juga memiliki lima atau bahkan enam senar untuk memungkinkan jangkauan yang lebih luas. Gitar bass biasanya bertubuh padat dan merupakan gitar listrik (kalau tidak dicolokkan suaranya kecil). Tapi, ada juga bass akustik dan semi-akustik yang tersedia. Haruskah Anda membeli gitar bass? Gitar ini cocok jika Anda ngeband dengan adanya drummer, karena perpaduan suara bass dan drum akan membentuk ritme low-end yang strong. Jika Anda ingin bermain solo, maka gitar bass tidak cocok.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler