fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Efek Mengkonsumsi Santan Berlebih

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Karena santan kaya akan lemak jenuh. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Lantas, apa saja dampaknya? Langsung intip aja yuk!

Meningkatnya Asam Lambung

Ketika perut dalam keadaan kosong dan langsung mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah yang banyak, maka dapat mengakibatkan peningkatan produksi gas serta membuat perut terasa penuh. Hal ini akan menganggu kenyamanan Anda. Sebaiknya, isi perut Anda dengan buah atau minum manis terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan bersantan.

Alergi

Ternyata, kelapa diklasifikasikan sebagai kacang pohon. Sehingga, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, harap lebih waspada ketika mengonsumsi makanan bersantan. Santan dapat memicu iritasi, kemerahan, serta rasa gatal pada kulit.

Berita Lainnya  Lima Penyebab Munculnya Penyakit pada Kulit

Penyempitan pembuluh darah

Penyempitan pembuluh darah terjadi karena adanya sumbatan dari plak. Lalu, plak terdiri dari kolesterol dan endapan lemak. Ketika plak terbentuk, maka dinding arteri menjadi lebih tebal. Sehingga menyebabkan kurangnya aliran darah serta mempersempit jalur oksigen ke sel-sel dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Duh, jangan sampai deh!

Gangguan pencernaan

Santan memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan gas yang berlebih serta memicu tekanan pada saluran pencernaan, sehingga proses pengentalan dan pengerasan feses jadi sulit terjadi. Lalu, kondisi ini membuat perut Anda terasa kurang nyaman dan diare. Nggak mau dong merasakan diare?

Timbul jerawat

Berita Lainnya  Abaikan Sarapan Tindakan Yang Salah, Ini Penjelasannya

Kandungan lemak jenuh dalam santan dapat meningkatkan kadar minyak alami di bawah kulit, sehingga mengakibatkan penyumbatan pori-pori, muncul komedo bahkan jerawat. Apalagi, jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak. Jadi, konsumsi makanan bersantan secukupnya aja ya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler