fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Camilan Sehat Untuk Diet

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kalau Anda berpikir diet itu berarti tidakmakan sama sekali, atau cuma makan di jam tertentu, belum tentu pola seperti itu cocok buat Anda. Diet sehat justru tidak menuntut Anda untuk kelaparan kok. Diet sehat itu berarti Anda mulai memilih makanan dan minuman yang baik buat kesehatan Anda. Sayangnya menu diet Anda seringkali jadi kacau karena camilan yang mengandung gula, garam dan lemak berlebih. Pada dasarnya, tubuh Anda  memang membutuhkan semua itu kok, hanya dalam batasan yang wajar. Lalu bagaimana dengan camilan yang sehat dan baik untuk diet Anda? Yuk bikin!

Sweet Potato Fries

Sebagai orang Indonesia, umbi-umbian tentu sudah dikenal baik bahkan sudah menjadi camilan sehari-hari. Singkong dan ubi jalar, misalnya, adalah dua umbi kesukaan. Eits, jangan salah meski terkesan tidak keren, ubi jalar yang kerennya disebut Sweet Potato justru sangat sehat untuk Anda jadikan camilan sehari-hari. Cara pengolahannya beragam dan cukup mudah lho. Cukup potong atau iris ubi sesuai selera. Siapkan 3 sendok makan minyak zaitun di dalam penggorengan dengan api sedang. Masukkan ubi yang telah disiapkan ke dalam penggorengan. Masaklah potongan ubi tadi sampai warnanya berubah kecoklatan dan crispy. Anda bisa menambahkan beberapa tabur bumbu  untuk menambah aroma dan rasa pada ubi. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan di atas piring saji untuk Anda nikmati sambil streaming.

Frozen Banana Smoothies

Anda suka dong dengan makanan olahan dari pisang. Keripik, kue, dan gorengan pisang pasti pernah mampir ke dalam mulut Anda. Akhirnya Anda bosen untuk makan pisang. Yuk bikin  smoothies saja, hasilnya berasa es krim pisang yang seger dan sehat.  Selain kaya manfaat, rasanya juga enak ko. Apalagi cara bikinnya juga gampang banget. Bekukan pisang secukupnya di dalam freezer semalaman. Ambil pisang beku, potong, dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan 1 gelas susu almond, susu kedelai atau yoghurt. Nyalakan blender selama 2-3 menit. Setelah selesai, tuangkan ke dalam gelas lalu taburi bubuk kayu manis. Jika Anda penyuka manis, menambahkan madu adalah salah satu solusi sehat terbaik yang bisa Anda pilih. Untuk topingnya, beberapa buah seperti strawberry, lemon dan anggur bisa bikin smoothies Anda lebih lazis.

Berita Lainnya  Prediksi Teknologi Masa Depan, Manusia Dapat Berkomunikasi Dengan Mesin?

Fruity Toping Wheat Bread

Biasa ngemil roti? Cobain roti gandum deh. Kandungannya yang kaya serat dan nutrisi bikin gandum cocok untuk camilan, bahkan pengganti nasi. Beberapa dari Anda mungkin tidak menyukai tekstur roti gandum karena terlalu padat dan cenderung keras. Karena teksturnya ini, roti gandum dianggap tepat untuk menemani makan sup. Pada dasarnya, roti gandum sendiri memiliki kuantitas gandum yang beragam sehingga Anda dapat memilihnya. Jika ingin memakan roti gandum yang terkategori gandum utuh, pilihlah roti gandum dengan kandungan gandum 70%. Roti gandum dengan gandum utuh dan kacang-kacangan atau disebut Muesli dapat dipilih jika Anda menginginkan 100% gandum. Hanya saja, tekstur dari roti muesli ini sangat padat dan agak keras. Untuk resep fruity toping ini, roti dengan kandungan gandum 70% dapat menjadi pilihan tepat. Yoghurt atau krim keju bisa menjadi dasar dari toping, sedangkan buah-buahan yang dipilih sangat bergantung pada selera masing-masing. Beberapa jenis buah yang bisa dipilih sebagai toping adalah anggur, strawberry, kiwi, pisang, plum dan apapun buah kesukaan Anda. Jika pilihan buah Anda cenderung berasa asam, sedikit madu dapat memberikan rasa manis.

Fruit Popsicle

Siapa coba yang tidak suka ngemil es krim dan es loli? Nah biar tidak cuma ngerasain seger doing, tapi juga sehat, tambahin buah-buahan yuk. Caranya gampang banget kok, siapkan saja cetakan es krim dan bahan-bahan dasarnya. Anda bisa pake yoghurt, jus buah atau jus sayuran atau malah jelly. Buah yang dipilih juga bisa beragam sesuai selera dan kesukaan. Masukan bahan dasar seperti yoghurt atau jus ke dalam cetakan es, lalu masukan juga potongan buah sesuai selera. Jangan lupa untuk memasukkan stik es sebagai pegangan nanti ke bagian tengah cetakan. Nah, kalau sudah selesai, waktunya untuk memasukkan ke dalam lemari pendingin selama kurang lebih 6 jam. Kalau Anda bikin fruit popsicle ini malam sebelumnya, pas Anda pulang beraktivitas bisa langsung dicemil. Buat adik-adik bahkan Anda sendiri yang malas makan buah, cara ini bisa bikin Anda rajin ngemil buah. Enak dong pas di luar cuaca lagi panas, di lemari pendingin ternyata ada camilan seger dan sehat. Jadi ngga ada alasan untuk malas ngemil buah, sayuran dan jaga kesehatan pencernaan. Sebagai selingan, fruit popsicle ini bisa berisi potongan sayuran juga.

Berita Lainnya  Lima Gejala Penyakit Alzheimer yang Melemahkan Ingatan

Olive Garlic Popcorn

Anda sering ngemil popcorn apalagi kalau lagi nonton di bioskop. Popcorn rasa caramel yang wanginya yummy atau rasa butter yang bikin ngiler, itu tuh wajib buat dibeli meski harganya uhuy. Sebetulnya, Anda bisa banget lho bikin popcorn sendiri di rumah, sampe berapa banyak pun bebas. Tapi, ada baiknya popcorn yang Anda buat itu sehat. Caranya sih sama aja dengan bikin popcorn seperti biasa. Yang bedain adalah bumbu penyedapnya nih. Daripada pakai mentega, lebih baik pakai margarin yang dicampur bubuk bawang putih, lada hitam dan cabai bubuk. Ini untuk Anda yang suka asin dan pedas, tapi buat yang suka manis tinggal tambahkan madu setelah matang.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler