fbpx
Connect with us

Info Ringan

Resep Membuat Cakwe

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Cakwe merupakan jajanan yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima. Selain murah, jajanan cakwe ini memiliki rasa renyah dan empuk yang mendominasi di setiap adonan pasca digoreng. Terdapat beberapa varian cakwe di antaranya adalah cakwe asin dan manis. Secara keseluruhan, proses pembuatannya adalah dari bahan dasar tepung dan beberapa bahan pengembang dengan proses akhir digoreng. Yuk langsung saja simak cara memebuat cakwe.

Bahan:

500 gram tepung terigu
1 sdm baking powder
1 sdt baking soda
1 1/2 sdt garam
400 ml air
Minyak Goreng secukupnya

Cara membuat cakwe sederhana:

  • Masukkan bahan baking powder, garam dan backing soda ke dalam baskom. Tambahkan air dan aduk hingga rata. Masukkan tepung terigu dalam larutan tersebut dan aduk rata. Diamkan adonan tepung dan larutan tersebut selama 15-20 menit.
  • Ambil adonan di pinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan. Diamkan adonan selama 10-15 menit. Terus lakukan ini sampai 3-4 kali hingga adonan menjadi halus dan elastis.
  • Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab lalu diamkan lagi selama 1 jam.
  • Angkat adonan dari baskom lalu bungkus dengan plastik. Diamkan adonan lagi selama kurang lebih 4 jam.
  • Buka bungkus plastik adonan. Dengan menggunakan batang kayu bulat tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebal 15 mm atau sesuai selera.
  • Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis. Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi 2 kemudian gunakan tusuk sate untuk menekan bagian tengahnya yang memajang. Selesaikan semua potong.
  • Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang. Tarik ujung ujung adonan dengan kedua tangan sampai kira kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan dalam penggorengan. Goreng cakwe sampai mengembang dan kuning kecokelatan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler