fbpx
Connect with us

Politik

Rekomendasi DPP Golkar Resmi Turun, Sunaryanta Urus Pengunduran Diri Dari TNI

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Peta politik menjelang Pilkada Gunungkidul 2020 semakin mengerucut. Sejumlah DPP partai politik saat ini telah mengeluarkan rekomendasi dukungan terhadap para calon bupati dan wakil bupati. Menyusul Partai NasDem yang menjatuhkan rekomendasi kepada pasangan Immawan-Martanty, pada Rabu (19/08/2020) kemarin, DPP Partai Golkar telah resmi mengeluarkan rekomendasi yang dijatuhkan kepada pasangan Sunaryanta dan Heri Susanto. Meski demikian, pasangan Sunaryanta dan Heri Susanto masih harus menunggu surat rekomendasi dari partai lain lantaran Golkar hanya memiliki 5 kursi di DPRD Gunungkidul sehingga belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon. Kabar kuat yang berhembus, surat rekomendasi dari PKB juga akan menyusul. Dengan keluarnya rekom ini, diketahui Sunaryanta tengah mengurus pengunduran dirinya sebagai anggota TNI.

Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan, rekomendasi dari DPP telah turun pada tanggal 19 Agustus 2020 kemarin. Dalam rekom tersebut, jelas dan tegas bahwa dukungan dari Golkar diberikan kepada Sunaryanta-Heri Susanto.

“Golkar (Gunungkidul) wajib tegak lurus rekomendasi DPP,” kata Heri, Kamis (20/08/2020) malam.

Dengan begitu, simpang siur posisi calon wakil bupati telah terkunci kepada Heri Susanto. Meski sebelumnya, Golkar juga mengusulkan nama Martanty. Namun begitu, Heri enggan mengomentari terkait majunya Martanty melalui Partai NasDem sebagaimana yang santer dikabarkan beberapa waktu terakhir.

“Dulu diusulkan (Martanty), kemudian dievaluasi. Saya tidak mau menanggapi, kami harus tegak lurus atas rekomendasi dari DPP dan DPD DIY,” tandas Heri.

Dengan rekom ini pula, pihaknya mendapat informasi bahwa Sunaryanta tegah mengurus pengunduran dirinya sebagai anggota TNI. Bak gayung bersambut, kabar ini pun menjadi angin segar bagi Golkar untuk lebih leluasa dalam mengenalkan Sunaryanta sebagai calon yang diusung kepada masyarakat.

“Sunaryanta sudah ngurus itu (pengunduran diri). Bendhe ditabuh, umbul-umbul dikibarkan,” tandas Heri.

Terkait dengan koalisi, Golkar mengaku masih tetap solid bakal mengusung Sunaryanta-Heri Susanto bersama partai PKB. Di tubuh PKB sendiri saat ini juga tengah menunggu rekomendasi turun yang diperkirakan bakal keluar minggu depan.

“Sudah 100 persen Sunaryanta-Heri Susanto. Minggu depan rekomendasi turun,” ucap Ketua DPC PKB, Sutiyo.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler